PENANAMAN NILAI-NILAI AKHLAK DARI ORANG TUA SINGLE PARENT (STUDI KASUS DI DUSUN KANGGOTAN LOR PLERET BANTUL TAHUN 2023)

Nuzulur Rohmah, NIM.: 19104010054 (2023) PENANAMAN NILAI-NILAI AKHLAK DARI ORANG TUA SINGLE PARENT (STUDI KASUS DI DUSUN KANGGOTAN LOR PLERET BANTUL TAHUN 2023). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENANAMAN NILAI-NILAI AKHLAK DARI ORANG TUA SINGLE PARENT (STUDI KASUS DI DUSUN KANGGOTAN LOR PLERET BANTUL TAHUN 2023))
19104010054_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENANAMAN NILAI-NILAI AKHLAK DARI ORANG TUA SINGLE PARENT (STUDI KASUS DI DUSUN KANGGOTAN LOR PLERET BANTUL TAHUN 2023))
19104010054_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pesatnya perubahan sosial berdampak terhadap pergeseran nilai sekaligus degradasi akhlak. Orang tua memiliki tanggungjawab dalam menanamkan nilai-nilai akhlak pada anak di dalam lingkungan keluarganya. Setiap orang tua memiliki cara dalam menanamkan nilai akhlak pada anak, begitu pula dengan orang tua tunggal (single parent). Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan terkait bagaimana penanaman nilai-nilai akhlak dari orang tua single parent di Dusun Kanggotan Lor Pleret Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah orang tua single parent di Dusun Kanggotan yang ditinggalkan pasangannya sebab meninggal atau bercerai dan memiliki anak rentan usia 6-17 tahun. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan tiga teknik yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis dengan menggunakan tiga alur yaitu reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan (verifikasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Cara orang tua single parent menanamkan nilai akhlak pada anak yaitu melalui habituasi (pembiasaan) dengan nilai-nilai baik, moral knowing (membelajarkan pengetahuan nilai-nilai baik), moral feeling dan loving (merasakan dan mencintai nilai-nilai baik), moral action, moral modelling (keteladanan), pertobatan dengan melaksanakan takhalli, tahalli, dan tajalli. 2) Kendala yang dihadapi orang tua single parent adalah faktor teknologi, keterbatasan waktu bersama keluarga, dan kurangnya pengetahuan orang tua terkait penanaman nilai-nilai akhlak. 3) Solusi orang tua single parent dalam mengatasi kendala yaitu dengan menasehati anak, mengontrol anak, meluangkan waktu bersama keluarga, serta mengarahkan anak untuk belajar mengaji.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Mujahid, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Nilai Akhlak, Single Parent, Pola Asuh Orang Tua
Subjects: Akhlak - Etika
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 11 Oct 2023 10:11
Last Modified: 11 Oct 2023 10:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61119

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum