PROBLEMATIKA PENANAMAN PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN DI MTs AL FALAAH PANDAK PUTRA, BANTUL TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Luckman Fatah, NIM.: 19104010061 (2023) PROBLEMATIKA PENANAMAN PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN DI MTs AL FALAAH PANDAK PUTRA, BANTUL TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PROBLEMATIKA PENANAMAN PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN DI MTs AL FALAAH PANDAK PUTRA, BANTUL TAHUN PELAJARAN 2022/2023)
19104010061_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PROBLEMATIKA PENANAMAN PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN DI MTs AL FALAAH PANDAK PUTRA, BANTUL TAHUN PELAJARAN 2022/2023)
19104010061_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah karena adanya permasalahan dalam penanaman pendidikan karakter disiplin yang ada di MTs Al Falaah Pandak dimana di Madrasah ini memprioritaskan penanaman pendidikan karakter disiplin. Akan tetapi dalam pelaksanaannya kegiatan-kegiatan penanaman karakter disiplin menemui kendala dan hambatan sehingga penanaman karakter disiplin di MTs Al Falaah Pandak belum optimal dan belum sesuai harapan. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti kegiatan beserta permasalahan penanaman pendidikan karakter disiplin dan upaya yang dilakukan MTs Al Falaah Pandak dalam menangani permasalahan tersebut supaya menjadi inspirasi bagi madrasah lain yang memprioritaskan penanaman karakter disiplin. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan jenis kualitatif. Penelitian ini juga menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: 1) Penanaman pendidikan karakter bertujuan untuk menanamkan dan memberikan kesadaran kedisiplinan kepada siswa putra untuk selalu mematuhi aturan dan melaksanakan tugas serta kewajibannya sebagai seorang siswa dan sebagai seorang santri. Penanaman karakter disiplin yang dilakukan di MTs Al Falaah Pandak melalui kegiatan-kegiatan pembiasaan apel pagi, pembiasaan kebersihan, pelatihan petugas upacara bendera, upacara bendera, dan salat zuhur berjamaah. 2) Problematika yang terjadi disebabkan oleh faktor internal siswa dan faktor eksternal siswa. Faktor internal siswa; faktor turunan, kurangnya kesadaran siswa, dan kurangnya minat dan motivasi siswa. Sedangkan faktor eksternal siswa; sarana dan prasarana madrasah, kurangnya kesadaran guru, kegiatan pesantren, dan lingkungan keluarga. 3) Upaya MTs Al Falaah Pandak dalam mengatasi permasalahan dalam menanamkan pendidikan karakter disiplin adalah selalu memberikan teladan yang baik bagi siswa, selalu berkoordinasi dan bekerja sama antara pesantren dengan madrasah, mengadakan razia kedisiplinan untuk meningkatkan kedisiplinan siswa, mengadakan hipnoterapi untuk siswa dan guru, menjalin komunikasi dan berkoordinasi dengan wali siswa, dan lebih selektif dalam penerimaan peserta didik baru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Radino, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Problematika, Penanaman Pendidikan Karakter Disiplin, Karakter Disiplin
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 11 Oct 2023 10:17
Last Modified: 11 Oct 2023 10:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61121

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum