STRATEGI KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KIAI DALAM MENUMBUHKAN JIWA KEWIRAUSAHAAN SANTRI SEBAGAI UPAYA MENGHADAPI ERA SOCIETY 5.0 (STUDI DI PONDOK PESANTREN TERPADU AL-MUMTAZ GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA)

Ahmad Rizal, NIM.: 19104090009 (2023) STRATEGI KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KIAI DALAM MENUMBUHKAN JIWA KEWIRAUSAHAAN SANTRI SEBAGAI UPAYA MENGHADAPI ERA SOCIETY 5.0 (STUDI DI PONDOK PESANTREN TERPADU AL-MUMTAZ GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KIAI DALAM MENUMBUHKAN JIWA KEWIRAUSAHAAN SANTRI SEBAGAI UPAYA MENGHADAPI ERA SOCIETY 5.0 (STUDI DI PONDOK PESANTREN TERPADU AL-MUMTAZ GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA))
19104090009_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KIAI DALAM MENUMBUHKAN JIWA KEWIRAUSAHAAN SANTRI SEBAGAI UPAYA MENGHADAPI ERA SOCIETY 5.0 (STUDI DI PONDOK PESANTREN TERPADU AL-MUMTAZ GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA))
19104090009_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah terjadinya perkembangan teknologi yang telah memasuki era society 5.0. Perkembangan tersebut bahkan telah merambah pada Lembaga Pendidikan. Pondok Pesantren Terpadu Al-Mumtaz Gunungkidul Yogyakarta sebagai salah satu pesantren yang mentransformasikan sistem pendidikannya hingga pada tahapan hampir sepenuhnya menggunakan teknologi informasi untuk kegiatan santrinya. Sehingga perlu diuraikan bagaimana strategi seorang kiai, faktor pendukung maupun penghambatnya serta dampaknya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini dilakukan di Pondok Pesantren Terpadu Al-Mumtaz Gunungkidul Yogyakarta. Informan dalam penelitian ditentukan dengan teknik purposive, sehingga terdiri dari Kiai, Koordinator Badan Usaha Milik Pesantren, Kesekretariatan, Asatidz, Santri Madrasah Aliyah, dan Alumni. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu dengan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan data. Lalu untuk teknik pengecekan keabsahan data yaitu melalui triangulasi sumber. Hasil penelitian menyebutkan bahwa transformasi sistem pendidikan yang terjadi yaitu didasarkan pada keresahan pengasuh terhadap perkembangan pesantren yang memerlukan pembaharuan sistem berdasarkan perkembangan teknologi. Tahun 2019 merupakan tahun bermulanya transformasi tersebut hingga akhirnya beragam kegiatan santri yaitu dengan memanfaatkan teknologi informasi, misalnya penggunaan handphone sebagai media belajar dan juga pemasaran hasil produk santri, penggunaan alat berstandar pabrik untuk pendidikan kewirausahaan, penggunaan sistem finger print, e-money, e-book penyediaan wi-fi, laboratorium komputer, wisata edukasi, dan bahkan terdapat Balai Latihan Kerja untuk keperluan sertifikasi. Demikian strategi pengasuh dalam terus menumbuhkan jiwa kewirausahaan santri sesuai dengan perkembangan zamannya. Adapun faktor pendukungnya yaitu tekad santri dan sarana prasarana yang memadai, sedangkan faktor penghambatnya yaitu latar belakang dan karakter santri. Selain itu dampak era society 5.0 yaitu mempermudah media pembelajaran, dan menambah semangat santri. Sedangkan tantangan yang dihadapi yaitu munculnya pelanggaran santri dan handphone santri yang tidak support, sedangkan solusi yang diberikan yaitu dengan memperketat pengawasan dan penyediaan device substitusi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Edy Yusuf Nur Samsu Santosa, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan Transformasional Kiai; Kewirausahaan Santri; Era Society 5.0
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 11 Oct 2023 17:00
Last Modified: 11 Oct 2023 17:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61132

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum