DINAMIKA PSIKOLOGIS: MOTIVASI, EMOSI, DAN MEMORI SISWA DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN DI MAN 2 SLEMAN YOGYAKARTA

Insaan Syaiful Akbar Saka, NIM.: 19104010082 (2023) DINAMIKA PSIKOLOGIS: MOTIVASI, EMOSI, DAN MEMORI SISWA DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN DI MAN 2 SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (DINAMIKA PSIKOLOGIS: MOTIVASI, EMOSI, DAN MEMORI SISWA DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN DI MAN 2 SLEMAN YOGYAKARTA.)
19104010082_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (DINAMIKA PSIKOLOGIS: MOTIVASI, EMOSI, DAN MEMORI SISWA DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN DI MAN 2 SLEMAN YOGYAKARTA.)
19104010082_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh adanya siswa yang merasa kesulitan dalam menghafal Al-Qur’an. Setiap siswa memiliki kesulitan serta kondisi jiwa yang beragam dalam merespon kegiatan menghafal Al-Qur’an yang didalamnya terdapat berbagai aspek psikologi, Dari berbagai aspek psikologi, terdapat tiga aspek yang menurut peneliti menarik untuk diteliti, yaitu motivasi, emosi, dan memori. Motivasi merupakan faktor yang memengaruhi keberhasilan siswa dalam menghafal Al-Qur’an. Aspek emosi penting untuk diketahui agar dapat mengetahui bagaimana kondisi mental siswa ketika dihadapkan dengan kegiatan menghafal Al-Qur’an. Aspek memori erat kaitannya dengan kegiatan menghafal Al-Qur’an dan masih sedikit penelitian yang membahas aspek memori dalam kegiatan menghafal Al-Qur’an. Tujuan penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan menghafal Al- Qur’an di MAN 2 Sleman. 2) menganalisis dinamika psikologis siswa dalam menghafal Al-Qur’an di MAN 2 Sleman dalam aspek motivasi, emosi dan memori. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan psikologis. Subjek penelitian adalah siswa kelas 10, guru tahfidz, waka kurikulum dan Kepala Madrasah. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: 1) Pelaksanaan kegiatan menghafal Al- Qur’an di MAN 2 Sleman dilaksanakan secara intensif. Lokasi pembelajaran mata pelajaran tahfidz di MAN 2 Sleman fleksibel. Dalam pelaksanaannya kegiatan menghafal Al-Qur’an di MAN 2 Sleman dilasanakan secara menyeluruh kepada seluruh siswa dan memiliki target hafalan yang relatif sedikit tetapi bagi siswa yang tidak dapat mencapai target hfalan terdapat penyesuaian target hafalan dengan kemampuan siswa. Dalam proses menghafal siswa diberi kebebasan dalam menggunakan metode dalam menghafalkan Al- Qur’an, sedangkan penyetoran hafalan dilakukan oleh guru tahfidz di setiap jam mata pelajaran tahfidz. 2) Pada aspek motivasi ditemukan bahwa motivasi siswa dalam menghafal Al-Qur’an mengalami perubahan dari yang awalnya berupa motivasi eksternal berubah menjadi motivasi internal. Dalam aspek emosi ditemukan perubahan dari yang awalnya berupa perasaan menolak berubah menjadi perasaan menerima. Dalam aspek memori ditemukan perubahan berupa meningkatnya jumlah hafalan siswa yang awalnya sedikit menjadi banyak

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Sri Purnami, S.Psi., M.A.
Uncontrolled Keywords: Al-Qur’an, Tahfidz, Menghafal Al-Qur’an, Psikologi
Subjects: Psikologi > Motivasi
al Qur'an > Tahfidz al Qur'an
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 11 Oct 2023 14:03
Last Modified: 11 Oct 2023 14:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61136

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum