PROBLEMATIKA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA DI SD MUHAMMADIYAH NGADIWINATAN YOGYAKARTA

Adhesti Amalia Septiani, NIM.: 19104010113 (2023) PROBLEMATIKA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA DI SD MUHAMMADIYAH NGADIWINATAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PROBLEMATIKA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA DI SD MUHAMMADIYAH NGADIWINATAN YOGYAKARTA)
19104010113_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PROBLEMATIKA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA DI SD MUHAMMADIYAH NGADIWINATAN YOGYAKARTA)
19104010113_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kurikulum Merdeka hadir dengan tujuan untuk menyembuhkan pembelajaran yang diakibatkan oleh pandemi. Kurikulum ini memiliki banyak perbedaan dengan kurikulum-kurikulum sebelumnya. Mengakibatkan guru harus beradaptasi. Sehingga masih banyak kendala yang dihadapi dalam penerapannya, terkhusus dalam pembelajaran PAI. Penelitian ini merupakan jenis penelitian studi kasus dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: 1). Penerapan Kurikulum Merdeka di SD Muhammadiyah Ngadiwinatan Yogyakarta sudah diterapkan di kelas I dan IV. Penerapan yang dilakukan adalah melaksanakan pembelajaran yang berdiferensiasi dan melaksanakan kegiatan P5. Guru menyusun Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) dan modul ajar. Serta melakukan penilaian diagnostik, formatif dan sumatif. 2). Problematika yang dihadapi guru bermacam-macam. Yaitu pada penyusunan perangkat pembelajaran, penerapan pembelajaran, dan pelaksanaan penilaian pembelajaran. Guru masih kebingungan dalam memahami Capaian Pembelajaran (CP), Tujuan Pembelajaran (TP), dan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP). Sehingga guru kesulitan dalam menyusun modul ajar. Guru kesulitan dalam membuat strategi dan metode pembelajaran yang sesuai kemampuan peserta didik. Alokasi waktu yang kurang cukup. Serta persiapan dan pelatihan implementasi Kurikulum Merdeka yang masih belum memadai. 3). Upaya guru PAI untuk mengatasi problematika adalah dengan mengkomunikasikan dengan guru sekolah lain. Yaitu melalui kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG). Dalam kegiatan KKG ini nantinya dapat dicarikan solusi. Upaya selanjutnya yaitu mempelajari Kurikulum Merdeka secara mendalam. Kemudian mengikuti pelatihan implementasi Kurikulum Merdeka. Serta guru lebih memahami kebutuhan setiap peserta didik, dan lebih aktif mencari referensi mengenai penilain-penilaian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Rofik, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Problematika Guru, Kurikulum Merdeka, Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Kurikulum
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 11 Oct 2023 14:34
Last Modified: 11 Oct 2023 14:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61139

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum