PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MADRASAH DINIYAH HIDAYATUL MUBTADI'IN TINGKAT AWALIYAH PONDOK PESANTREN AL-ISHLAH SALAFIYAH DI DUSUN SALAKAN TEMANGGUNG

SRI WAHYU BUDAYAH - NIM. 07410359 (2011) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MADRASAH DINIYAH HIDAYATUL MUBTADI'IN TINGKAT AWALIYAH PONDOK PESANTREN AL-ISHLAH SALAFIYAH DI DUSUN SALAKAN TEMANGGUNG. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MADRASAH DINIYAH HIDAYATUL MUBTADI'IN TINGKAT AWALIYAH PONDOK PESANTREN AL-ISHLAH SALAFIYAH DI DUSUN SALAKAN TEMANGGUNG)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MADRASAH DINIYAH HIDAYATUL MUBTADI'IN TINGKAT AWALIYAH PONDOK PESANTREN AL-ISHLAH SALAFIYAH DI DUSUN SALAKAN TEMANGGUNG)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Latarbelakang penelitian ini adalah bahwa pembelajaran PAI di sekolah maupun di madrasah masih belum mendetail, sehingga diperlukan kajian atau tambahan ilmu pengetahuan agama Islam di luar madrasah maupun sekolah. Tujuannya adalah untuk meningkatkan keimanan, ketakwaan, dan membentuk akhlakul karimah. Hasil belajar akan tercapai dengan baik apa bila ada kerjasama yang baik antara komponen-komponen pembelajaran PAI. Diantara komponenkomponen itu adalah kompetensi, materi ajar, metode pembelajaran, media pembelajaran, dan evaluasi hasil belajar. Adapun yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan Pembelajaran PAI, bagaimana hasil pelaksanaan pembelajaran PAI, dan faktor apa saja yang mendukung dan menghambat proses pembelajaran PAI di PP Al-Ishlah Salafiyah khususnya di madrasah diniyah tingkat awaliyah di Dusun Salakan Temanggung. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang pelaksanaan pembelajaran PAI di madin, faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran PAI di pesantren. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dipergunakan untuk menyempurnakan pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Pondok Pesantren. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar Pondok Pesantren Al-Ishlah Salafiyah di Dusun Salakan Temanggung. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di madin awaliyah PP Al-Ishlah Salafiyah, tidak dapat terlepas dari beberapa komponen yang mempengaruhi proses pembelajaran. Diantara komponen-komponen tersebut adalah rumusan kompetensi, rumusan materi, pemilihan metode, pemilihan media pembelajaran, dan pelaksanaan evaluasi hasil belajar. 2) Hasil pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) madin awaliyah PP Al-Ishlah Salafiyah, dapat dilihat dari tiga aspek yaitu aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. 3) Faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran PAI, dapat dilihat dari tiga faktor yaitu faktor dari ustadz, santri dan orang tua. Untuk menghadapi hambatan-hambatan dalam pembelajaran, para ustadz menyelenggarakan musyawarah yang diselenggarakan setiap satu bulan sekali. div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra.Hj. Susilaningsih, M.A.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran PAI
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 30 Nov 2023 11:25
Last Modified: 30 Nov 2023 11:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6114

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum