STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER KEPEMIMPINAN SISWA DI SMP SAINS AL-QUR’AN SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2022/2023

Lu’lu’ul Alawiyah, NIM.: 19104010101 (2023) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER KEPEMIMPINAN SISWA DI SMP SAINS AL-QUR’AN SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER KEPEMIMPINAN SISWA DI SMP SAINS AL-QUR’AN SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2022/2023)
19104010101_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER KEPEMIMPINAN SISWA DI SMP SAINS AL-QUR’AN SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2022/2023)
19104010101_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya peran pendidikan dalam membentuk karakter individu. Masalah krisis akhlak dan karakter di kalangan siswa saat ini menjadi perhatian serius. Karakter kepemimpinan merupakan karakter mendasar yang perlu dimiliki siswa. Krisisnya figur yang bisa dijadikan teladan maupun panutan bagi pemuda di era sekarang merupakan sebab mengapa karakter pemimpin ini perlu dimiliki siswa. keberhasilan pembentukan karakter siswa bergantung pada strategi yang digunakan guru. SMP Sains Al-Qur’an merupakan sekolah yang mempunyai pilar program unggulan yang ditawarkan sekolah. Salah satu dari program unggulannya adalah akhlak-al karimah yang lebih berfokus pada program leadership/kepemimpinan. Program yang ada di sekolah selanjutnya dikembangkan oleh guru dalam membentuk karakter kepemimpinan melalui beberapa strategi. Berdasarkan observasi selama kurang lebih lima bulan selama masa penelitian, masih ada beberapa siswa yang belum terbentuk karakter kepemimpinan pada dirinya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi guru PAI dalam pembentukan karakter kepemimpinan di SMP Sains Al-Qur’an serta dampak dari diterapkannya strategi tersebut bagi siswa di SMP Sains Al-Qur’an Yogyakarta. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data menggunakan metode analisis deskriptif dengan triangulasi sumber sebagai uji keabsahan data guna memperoleh validasi data penelitian. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Strategi guru PAI dalam pembentukan karakter kepemimpinan siswa di SMP Sains yaitu dengan cara guru mengembangkan program leadership yang yang ada di sekolah. Strategi yang dilakukan dalam membentuk karakter kepemimpinan siswa diantaranya dengan mengintegrasikan kegiatan pembelajaran dengan kegiatan sehari-hari melalui cara habituasi, moral modelling, moral feeling, dan moral acting. 2) Dampak dari strategi yang dilakukan guru PAI dalam pembentukan karakter kepemimpinan siswa di SMP Sains berdampak baik bagi siswa, terbentuknya karakter kepemimpinan pada siswa serta terciptanya lingkungan pendidikan yang sehat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Radino, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru, Pembentukan Karakter Kepemimpinan, Kepemimpinan Siswa.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 11 Oct 2023 14:22
Last Modified: 11 Oct 2023 14:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61143

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum