MODEL PENGEMBANGAN PENGKADERAN PADA MADRASAH MU'ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA

Siti Nurchayati, NIM.: 0041025 (2005) MODEL PENGEMBANGAN PENGKADERAN PADA MADRASAH MU'ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MODEL PENGEMBANGAN PENGKADERAN PADA MADRASAH MU'ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA)
00410256_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (MODEL PENGEMBANGAN PENGKADERAN PADA MADRASAH MU'ALLIMAAT MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA)
00410256_BAB II_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pengemba:qgan pengkaderan yang dilaksanakan oleh Madrasah Mu'allimaat Muhammadiyah Yogyakarta dalam rangka mencetak kader-kader Muhammadiyah serta untuk mengetahui peran Madrasah Mu'allimat Muhammadiyah Yogyakarta dalam mencetak kader Muhammadiyah. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan informasi dan masukan bagi lembaga tersebut untuk meningkatkan kualitas pengkaderannya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar Madrasah Mu'allimaat Muhammadiyah Yogyakarta. Pengmnpulan data dilakukan denagan mengadakan observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna dengan data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Model pengkaderan yang diterapkan di Madrasah Mu' allimaat Muhammadiyah Y ogyakarta adalah dalam rangka mencapai tujuan pendidikan Muhammadiyah, yakni untuk mencetak kader pelopor, pelangsung dan penyempuma amal usaha Muhammadiyah, menegakkan dakwah amar ma 'ruf nahi mungkar di masyarakat. Model pengkaderan dilaksanakan melalui kegiatan-kegiatan pengkaderan di madrasah dan asrama. Pelaksanaan pengkaderaan tersebut dapat terlaksana dengan baik didukung dengan adanya beberapa faktor pendukung, diantaranya; status Madrasah Mu'allimaat Muhammadiyah Yogyakarta sebagai sekolah kader Muhammadiyah, penerapan sistem pendidikan terpadu antara sekolah dan asrama menjadikan terciptanya proses pembinaan dan bimbingan terhadap siswi yang dapat terus berlangsung sepanjang hari, para guru dan pembina yang profesional dibidangnya, serta dukungan dan kerjasama yang baik dengan masyarakat sekitar dan pimpinan-pimpinan Muhammadiyah beserta ortom-ortomnya. 2) Dengan pelaksanan model pengembangan pengkaderan dan adanya faktor-faktor pendukung tersebut, Madrasah Mu' allimaat Muhammadiyah Y ogyakarta sudah banyak mencetak kader-kader alunmi yang tersebar hampir di seluruh nusantara menjadi kader-kader pelopor, pelangsung dan penyempuma amal usaha Muhammadiyah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. sardjuli, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: guru; siswi; pembelajaran; kurikulum
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 11 Oct 2023 14:09
Last Modified: 11 Oct 2023 14:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61147

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum