PENANAMAN NILAI-NILAI RELIGIUS MELALUI SYAIR JAWA KITAB AL-ASY’AR ALJAWIYAH AL-MUTANAWWI’AH DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENGUATAN KARAKTER SANTRI DI PENGAJIAN RUTIN AL-HIKAM JOMBANG

Ahmad Setiyabudi, NIM.: 19104010115 (2023) PENANAMAN NILAI-NILAI RELIGIUS MELALUI SYAIR JAWA KITAB AL-ASY’AR ALJAWIYAH AL-MUTANAWWI’AH DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENGUATAN KARAKTER SANTRI DI PENGAJIAN RUTIN AL-HIKAM JOMBANG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENANAMAN NILAI-NILAI RELIGIUS MELALUI SYAIR JAWA KITAB AL-ASY’ÂR ALJÂWIYAH AL-MUTANAWWI’AH DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENGUATAN KARAKTER SANTRI DI PENGAJIAN RUTIN AL-HIKAM JOMBANG)
19104010115_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENANAMAN NILAI-NILAI RELIGIUS MELALUI SYAIR JAWA KITAB AL-ASY’ÂR ALJÂWIYAH AL-MUTANAWWI’AH DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENGUATAN KARAKTER SANTRI DI PENGAJIAN RUTIN AL-HIKAM JOMBANG)
19104010115_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Kemajuan teknologi dan media informasi, seperti kasus kekerasan seksual, pembunuhan, pencurian, dan berbagai kasus lainnya, telah menjadi tantangan besar bagi bangsa. Fenomena ini menunjukkan rendahnya implementasi keagamaan dan lemahnya nilai-nilai akhlaq al-karimah dalam masyarakat, terutama kalangan remaja. Untuk menghadapi tantangan ini, penanaman nilainilai religius dalam kehidupan manusia, khususnya pada kalangan remaja, sangat diperlukan. Seiring fenomena tersebut KH. Jamaluddin Ahmad, pengasuh pengajian rutin Al-Hikam berupaya keras menanamkan nilai-nilai religius kepada para santrinya melalui pengajarannya yang mengupas karyanya sendiri, yakni syair Jawa berjudul Kitab Al-Asy'âr Al-Jâwiyah Al-Mutanawwi'ah, dengan tujuan kuat untuk memperkuat karakter religius para santri. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah 1). Untuk mengkaji proses bagaimana nilai-nilai religius ditanamkan melalui syair Jawa dalam Kitab Al-Asy'âr Al-Jâwiyah Al-Mutanawwi'ah, khususnya di lingkungan pengajian rutin Al-Hikam Jombang. 2). Untuk menganalisis dampak atau implikasi dari nilai-nilai religius melalui syair Jawa Kitab Al-Asy'âr Al-Jâwiyah Al-Mutanawwi'ah terhadap penguatan karakter santri yang berpartisipasi dalam pengajian rutin Al-Hikam Jombang. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian lapangan dengan pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, dokumentasi dan wawancara. Analisis data menggunakan metode analisis deskriptif. Hasil Penelitian ini adalah: 1) Proses penanaman nilai-nilai religius terhadap santri di pengajian rutin Al-Hikam diimplementasikan melalui pendekatan yang terstruktur dan terarah. 2) Implikasi nilai-nilai religius dalam penanaman karakter santri di pengajian rutin Al-Hikam Jombang meliputi iman, islam, taqwa, ikhlas, tawakal, al-musawah (persamaan dan kebersamaan), tawaḍu‘, dan al-insyirah (berlapang dada).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Radino, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Penanaman Nilai-Nilai Religius, Kitab Al-Asy'ar Al-Jawiyah Al -Mutanawwi'ah, Penguatan Karakter Santri
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Karakter
Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren > Santri
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 11 Oct 2023 14:52
Last Modified: 11 Oct 2023 14:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61148

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum