SINERGI GURU PAI DALAM MENGATASI PHUBBING (PHONE SNUBBING) MTS NEGERI 2 BANTUL

Nazilatun Nafidah, NIM.: 19104010134 (2023) SINERGI GURU PAI DALAM MENGATASI PHUBBING (PHONE SNUBBING) MTS NEGERI 2 BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (SINERGI GURU PAI DALAM MENGATASI PHUBBING (PHONE SNUBBING) MTS NEGERI 2 BANTUL)
19104010134_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (SINERGI GURU PAI DALAM MENGATASI PHUBBING (PHONE SNUBBING) MTS NEGERI 2 BANTUL)
19104010134_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Phubbing merupakan perilaku yang menunjukkan perilaku kecenderungan seseorang yang lebih memilih untuk memainkan ponsel dibandingkan dengan melakukan interaksi dengan orang sekitarnya. Perilaku phubbing ditemukan pada siswa di MTs Negeri 2 Bantul. Efek phubbing yang terjadi di lingkungan sekolah sangat signifikan, mulai dari menurunkan efektiftas komunikasi guru dan siswa yang akan berimbas pada prestasi siswa. Sinergi guru mata pelajaran PAI sangat diperlukan dalam mengatasi phubbing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran umum phubbing yang terjadi pada siswa di MTs Negeri 2 Bantul serta memahami proses sinergi guru Mata pelajaran PAI dalam mengatasi phubbing. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan komunikasi. Metod pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori ketergantungan media (depedency media). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa MTs Negeri 2 Bantul mengalami kecanduan ponsel karena tidak bisa jauh-jauh dari ponsel yang menyebabkan terjadinya gangguan komunikasi saat pembelajaran. Faktor penyebab dari perilaku phubbing siswa yaitu kecanduan media sosial dan game online. Guru PAI melakukan upaya preventif dan kuratif untuk meminimalisir perilaku phubbing siswa yang dilakukan dengan memberikan edukasi, menjadi teladan, melakukan pendekatan personal, hingga memberikan punishment kepada siswa. Model sinergi yang terjadi yaitu sinergi formal. Sinergi guru PAI dalam meminimalisir phubbing ditnjukkan dengan cara menjalin komunkasi antar guru, siswa, dan semua pihak yang terlibat. Koordinasi rutin dilakukan untuk mencegah terjadinya tumpang tindih tugas antar guru dalam mengatasi phubbing. Selain itu, juga dilakukan koordinasi secara berkala kepada wali siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Prof. Dr. Eva Latipah, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Phubbing, Media (Dependency Media), Guru PAI
Subjects: Permasalahan dan Layanan kepada Anak dan Remaja
Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 12 Oct 2023 08:19
Last Modified: 12 Oct 2023 08:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61159

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum