EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA SCRABBLE DALAM PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTs N 2 BANTUL TAHUN AJARAN 2022/2023

Nafira Indar Khoerunisa, NIM.: 19104020014 (2023) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA SCRABBLE DALAM PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTs N 2 BANTUL TAHUN AJARAN 2022/2023. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA SCRABBLE DALAM PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTs N 2 BANTUL TAHUN AJARAN 2022/2023)
19104020014_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA SCRABBLE DALAM PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTs N 2 BANTUL TAHUN AJARAN 2022/2023)
19104020014_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Rendahnya penguasaan kosakata bahasa Arab peserta didik dapat mempengaruhi kemampuan berbahasa peserta didik. Penggunaan media yang interaktif, seperti media scrabble dapat membantu peserta didik dalam pembelajaran kosakata bahasa Arab dan telah terbukti dapat membantu peserta didik dalam penguatan kosakata bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran kosakata bahasa Arab dan keefektifan media scrabble. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini menggunakan kelas 7A dan 7C dan metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode pre test dan post test, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan menggunakan statistik parametrik, uji independent sample t test. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa media scrabble efektif dalam pembelajaran kosakata bahasa Arab di kelas VII. Hal in dapat dibuktikan dengan adanya ketuntasan tujuan pembelajaran kosakata bahasa Arab yang didapatkan oleh peserta didik dari kelas eksperimen. Sebanyak 26 dari 32 peserta didik dari kelas eksperimen mendapatkan nilai di atas KKM dengan perolehan nilai rata-rata 89,66. Hal ini didukung juga dengan adanya hasil analisis menggunakan Uji Independent Sample T Test juga menunjukkan nilai Asymp Sig. 2 tailed sebesar 0,000 < 0,05, artinya adanya perbedaan yang signifikan antara perolehan nilai dari kelas eksperimen dan kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Nurhadi, MA.
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Media Scrabble, Kosakata Bahasa Arab
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 12 Oct 2023 08:32
Last Modified: 12 Oct 2023 08:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61165

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum