ANALISIS KONTRASTIF ANTARA FONEM BAHASA ARAB DAN BAHASA JAWA SERTA IMPLIKASINYA DALAM PENGAJARAN BAHASA ARAB BAGI PENUTUR BAHASA JAWA

Zalfa Thufaila Az Zahro, NIM.: 19104020075 (2023) ANALISIS KONTRASTIF ANTARA FONEM BAHASA ARAB DAN BAHASA JAWA SERTA IMPLIKASINYA DALAM PENGAJARAN BAHASA ARAB BAGI PENUTUR BAHASA JAWA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS KONTRASTIF ANTARA FONEM BAHASA ARAB DAN BAHASA JAWA SERTA IMPLIKASINYA DALAM PENGAJARAN BAHASA ARAB BAGI PENUTUR BAHASA JAWA)
19104020075_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS KONTRASTIF ANTARA FONEM BAHASA ARAB DAN BAHASA JAWA SERTA IMPLIKASINYA DALAM PENGAJARAN BAHASA ARAB BAGI PENUTUR BAHASA JAWA)
19104020075_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Setiap bahasa memiliki fonem yang berbeda antara satu sama lainnya, termasuk bahasa Arab dan bahasa Jawa. Perbedaan fonem ini seringkali mengakibatkan masalah dalam pembelajaran bahasa Arab bagi siswa berbahasa Jawa dan menyebabkan kesalahan dalam berbicara. Penelitian ini difokuskan pada fonem vokal dan konsonan dalam bahasa Arab dan bahasa Jawa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan fonem dalam bahasa Arab dan bahasa Jawa, menganalisis persamaan dan perbedaan di antara keduanya serta mengetahui implikasinya dalam pengajaran bahasa Arab. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan (Library Research). Pendekatan yang digunakan adalah analisis kontrastif, yaitu untuk mendeskripsikan fonem dalam bahasa Arab dan bahasa Jawa, membandingkan sistem fonem di kedua bahasa tersebut, meramalkan kesulitan yang mungkin dihadapi oleh siswa berbahasa Jawa dalam mempelajari bahasa Arab, merangkai materi pengajaran, dan merancang cara penyampaian materi pengajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahasa Arab memiliki enam vokal yang terbagi menjadi vokal pendek dan vokal panjang. Vokal pendek meliputi a, i, u, sedangkan vokal panjang meliputi ā, ī, dan ū. Di sisi lain, bahasa Jawa memiliki enam vokal, yaitu a, i, u, e, ə, dan o. Kedua bahasa memiliki kesamaan yang cukup besar dalam fonem vokal, perbedaannya hanya terletak pada vokal panjang, yang tidak ada dalam bahasa Jawa. Untuk konsonan, bahasa Arab memiliki dua puluh delapan konsonan, yaitu /ب/, /خ/, /ز/, /ض/, /غ/, /ؾ/, /د/, /ر/, /س/, /ص/, /ط/, /ػ/, //ع/, /ؽ/, /ظ/, /ع/, /ؽ/, /ف/, /م/, /ى/, /ٍ/, /ّ/, /ٕ/, /ٝ/, /ٛ/, /ء/, /١/. Sedangkan bahasa Jawa memiliki dua puluh tiga konsonan, yaitu /p/, /b/, /m/, /f/, /w/, /t/, /d/, /n/, /l/, /r/, /ṭ/, /ḍ/, /s/, /z/, /c/, /y/, /h/, /ŋ/, /ñ/, /j/, /g/, /k/ dan /?/. adapun perbedaan konsonan bahasa Arab dan bahasa Jawa, yaitu adalah /ز/, /ض/, /غ/, /ؾ/, /ر/, /ص/, /ط/, /ػ/, //ع/, /ؽ/, /ظ/, ///ف/, /م/, /ٕ/, /ٝ/ dan yang lainnya sama. Perbedaan ini dapat menyebabkan kesulitan atau kesalahan dalam pengucapan oleh siswa berbahasa Jawa. Dengan mempertimbangkan perbedaan ini, pendekatan pengajaran bahasa Arab kepada siswa berbahasa Jawa sebaiknya dimulai dengan fonem-fonem yang memiliki kesamaan, baru kemudian berlanjut ke fonem-fonem yang berbeda. Implikasi dari analisis kontrastif ini dalam pengajaran bahasa Arab termasuk penggunaan bahasa ibu (B1) sebagai perantara dalam pengajaran, penyusunan materi pengajaran berdasarkan perbandingan fonem, dan latihan intensif untuk fonem-fonem yang berbeda. Metode yang dapat digunakan dalam penyampaian materi pengajaran adalah metode fonetik dan pendekatan dwibahasa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Nurhadi, M.A.
Uncontrolled Keywords: Bahasa Arab, Kesulitan Berbahasa, Fonem, Bahasa Jawa, Analisis Kontrastif
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 12 Oct 2023 09:19
Last Modified: 12 Oct 2023 09:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61177

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum