NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM SYAIR GURINDAM DUABELAS KARYA RAJA ALI HAJI (Relevansinya Terhadap Pendidikan Agama Islam)

Erfina Setiawati, NIM.: 00410331 (2005) NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM SYAIR GURINDAM DUABELAS KARYA RAJA ALI HAJI (Relevansinya Terhadap Pendidikan Agama Islam). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM SYAIR GURINDAM DUABELAS KARYA RAJA ALI HAJI (Relevansinya Terhadap Pendidikan Agama Islam))
00410331_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM SYAIR GURINDAM DUABELAS KARYA RAJA ALI HAJI (Relevansinya Terhadap Pendidikan Agama Islam))
00410331_BAB II_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang nilai-nilai pendidikan agama Islam yang terdapat dalam syair Gurindam dua belas karya Raja Ali Haji dan relevansinya terhadap pendidikan agama Islam. Penelitian ini diharapkan akan dapat memberikan altematif bahan pengajaran di lembaga pendidikan formal karena sangat bermanfat untuk kelangsungan akar budaya dalam rangka membentuk seseorang yang berkepribadian muslim dan cinta bangsa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil syair Gurindam dua belas karya Raja Ali Haji sebagai subjek penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan menghimpun atau melakukan penelusuran data dari berbagai buku-buku atau referensi-referensi yang ada hubungannya dengau pennasalahan yang sedang dikaji. Analisis data dilakukan dengan mengkategorikan semua data ke dalam tiga kategori yaitu: ( 1) syair Gurindam dua belas yang berhubungan dengan nilai-uilai peudidikan keimanan, (2) syair Gurindam dua belas yang berlrnbungan atau ada kaitannya dengan pendidikan ibadah dan (3) syair Gurindam duabelas yang mengajarkan tentang akhlak. Selanjutnya, data dikategorisasikan dengan memilah isi syair sesuai dengan kategori-kategori nilai-uilai pendidikan di atas. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam syair Gurindam dua belas karya Raja Ali Haji adalah: a) Nilai-nilai pendidikan keimanan yang meliputi ajaran keimanan kepada Allah, keimanan kepada hari akhir. b) Nilai-nilai pendidikan Ibadah yang meliputi ajarau kewajiban shalat, puasa, zakat dan ibadah haji. c) Nilai-nilai pendidikan akhlak yaug meliputi akhlak terhadap diri sendiri, akhlak dalam keluarga, akhlak terhadap orang lain dan akhlak bermasyarakat. (2) uilai-uilai pendidikan agama Islam yang terdapat dalam syair Gurindam dua belas relevan terhadap pendidikan agama Islam yang relevansinya meliputi tujuan pendidikan agama Islam, terhadap materi pendidikan agama Islam dan terhadap sasaran strategi pendidikan agama Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Abd. Shomad
Uncontrolled Keywords: pemikiran Islam; Raja Ali Haji; kesusasteraan Melayu
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Kesusasteraan Indonesia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 12 Oct 2023 09:09
Last Modified: 12 Oct 2023 09:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61184

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum