PENERAPAN METODE KIBAR DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN DI KELOMPOK B TK ABA (‘AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL) SURYA KENCANA NGAGLIK SLEMAN YOGYAKARTA

Salsabila Dzil Kamala, NIM.:19104030006 (2023) PENERAPAN METODE KIBAR DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN DI KELOMPOK B TK ABA (‘AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL) SURYA KENCANA NGAGLIK SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN METODE KIBAR DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN DI KELOMPOK B TK ABA (‘AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL) SURYA KENCANA NGAGLIK SLEMAN YOGYAKARTA)
19104030006_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN METODE KIBAR DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN DI KELOMPOK B TK ABA (‘AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL) SURYA KENCANA NGAGLIK SLEMAN YOGYAKARTA)
19104030006_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah peran terpenting dalam pembentukan dan pengembangan potensi anak yaitu pendidikan, salah satu aspek pendidikan yang penting untuk diberikan kepada anak adalah pendidikan Al-Qur‟an, mengajarkan membaca Al-Qur‟an pada anak usia dini bukan hal yang mudah, karena selain harus memiliki pemahaman yang diperlukan, seorang pendidik juga perlu menyadari teknik-teknik atau metode yang dapat digunakan saat mengajar Al-Qur‟an, ada beberapa metode dalam mempelajari Al-Qur‟an yang telah banyak di kembangkan di Indonesia, salah satunya adalah metode kibar. Metode kibar adalah Metode kibar adalah metode yang disusun secara aplikatif dan efektif, sehingga memberikan kemudahan bagi anak untuk dapat membaca Al-Qur‟an dengan cepat, lancar dan fasih. Metode kibar dikembangkan oleh Hj. Erweesbe Maimanati, SH. Adapun tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui, bagaimana penerapan metode kibar dalam pembelajaran membaca Al-Qur‟an di kelompok B TK ABA Surya Kencana (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan metode kibar dalam pembelajaran membaca Al-Qur‟an di kelompok B TK ABA Surya Kencana. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan menambil lokasi penelitian di kelompok B TK ABA Surya Kencana Ngaglik Sleman Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi non partisipan, wawancara, dan dokumentasi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggali sumber data dari kepala sekolah, guru kelas B dan 5 orang siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dengan menggunakan reduksi data, analisis data, penyajian data, kemudian penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan Metode Kibar dalam pembelajaran membaca Al-Qur‟an di TK ABA Surya Kencana pada awalnya menggunakan metode Iqro yang dianggap mudah dan praktis dalam pelaksanaannya, namun dengan berbagai pertimbangan pada tahun 2018 kepala sekolah dan para guru memutuskan untuk menggantinya dengan metode kibar. Penerapan metode kibar dalam pembelajaran Al-Qur‟an di Kelompok TK ABA Surya Kencana meliputi: perencanaan, kegiatan pembelajaran, serta evaluasi pembelajaran. (2) Faktor pendukung penerapan metode kibar dalam pembelajaran membaca Al-Qur‟an di kelompok B TK ABA Surya Kencana antara lain: Pengajar/guru, orang tua, fasilitas yang memadai. Sedangkan faktor penghambatnya antara lain: teman yang usil, kesehatan anak, dan lingkungan keluarga

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Suismanto, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Metode Kibar, Pembelajaran Membaca Al-Qur‟an
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini - Prasekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 12 Oct 2023 10:30
Last Modified: 12 Oct 2023 10:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61189

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum