UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI PADA ANAK USIA DINI DI KB NURUL ILMI PATALAN BANTUL

Aisyah Hayu Prastiwi, NIM.: 19104030007 (2023) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI PADA ANAK USIA DINI DI KB NURUL ILMI PATALAN BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI PADA ANAK USIA DINI DI KB NURUL ILMI PATALAN BANTUL)
19104030007_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI PADA ANAK USIA DINI DI KB NURUL ILMI PATALAN BANTUL)
19104030007_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kepercayaan diri merupakan salah satu keterampilan mendasar yang diperoleh anak dan harus ditanamkan sejak dini. Seorang anak harus memiliki kepercayaan diri sebagai mentalitas agar berhasil dalam lingkungan yang ramah karena percaya diri merupakan salah satu aspek karakter seseorang yang penting dalam kehidupan sehari-hari, namun tidak semua anak kecil memiliki kepercayaan diri yang sama. Mengingat hal tersebut di atas, maka peran pendidik sangat penting dalam perkembangan rasa percaya diri anak karena pada zaman sekarang ini anak yang bersekolah tidak lepas dari guru dalam hal membina segala sesuatu yang berkaitan dengan pembinaan atau pengembangan. Keyakinan diri inilah yang kemudian menjadi modal penting bagi kemajuan generasi muda yang harus ditanamkan sejak dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepercayaan diri anak di KB Nurul Ilmi Patalan Bantul, faktor apa saja yang mendukung berkembangnya rasa percaya diri pada anak, dan apa saja peran guru dalam penanaman dan pengembangan rasa percaya diri anak. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Penelitian ini dilakukan pada bulan Januari sampai Maret 2023 yang bertempat di KB Nurul Ilmi Patalan Bantul. Subjek penelitian ini adalah Kepala sekolah, 2 Guru kelas KB, dan Murid KB Nurul Ilmi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru sangat berpengaruh pada pengembangan rasa percaya diri anak dan menjadi faktor pendukung dalam berkembangnya rasa percaya diri pada anak usia dini. Adapun upaya yang dilakukan guru KB Nurul Ilmi Patalan Bantul yaitu (1) Guru menciptakan suasana di dalam kelas dengan nyaman melalui berbagai kegiatan diantaranya bernyanyi, menggambar, menari, bermain peran dan berserita. (2) Guru memberikan kritik yang membangun. (3) Guru memberikan kesempatan siswa berpartisipasi didalam kelas. (4) Memberikan pujian yang baik agar anak percaya dengan dirinya sendiri. (5) Memberikan Cinta dan kasih yang cukup saat di sekolah agar anak merasa nyaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Eko Suhendro S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kepercayaan Diri, Anak Usia Dini, Guru
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini - Prasekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 12 Oct 2023 10:33
Last Modified: 12 Oct 2023 10:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61190

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum