IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA TERHADAP KESIAPAN ANAK USIA DINI MEMASUKI SD/MI DI RA NURUL DZIKRI

Sofi Naila Sa’adah, NIM.: 19104030031 (2023) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA TERHADAP KESIAPAN ANAK USIA DINI MEMASUKI SD/MI DI RA NURUL DZIKRI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA TERHADAP KESIAPAN ANAK USIA DINI MEMASUKI SD/MI DI RA NURUL DZIKRI)
19104030031_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA TERHADAP KESIAPAN ANAK USIA DINI MEMASUKI SD/MI DI RA NURUL DZIKRI)
19104030031_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena kurangnya kematangan kesiapan bersekolah yang sering terjadi pada masa transisi anak usia dini menuju jenjang pendidikan SD/MI. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan: (1) Implementasi kurikulum merdeka di RA Nurul Dzikri, (2) Implementasi Kurikulum Merdeka Terhadap kesiapan anak memasuki SD/MI di RA Nurul Dzikri Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dijabarkan secara deskriptif analisis. Subjek dalam penelitian ini yaitu Kepala Sekolah, Guru Kelompok B, dan juga murid kelompok B. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah (1) observasi untuk memperoleh data awal pada saat kegiatan pengamatan berlangsung; (2) wawancara untuk menggali informasi yang lebih mendalam dan mendapatkan informasi yang akurat terkait dengan Implementasi kurikulum merdeka terhadap kesiapan anak usia dini memasuki SD/MI; (3) dokumentasi untuk menggali informasi lebih mengenai objek penelitian selama kegiatan berlangsung dalam bentuk foto dan sumber tertulis yang berkaitan dengan implementasi kurikulum Merdeka terhadap kesiapan anak usia dini memasuki SD/MI di RA Nurul Dzikri. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi Kurikulum Merdeka di RA Nurul Dzikri mulai diterapkan sejak semester genap pada tahun 2022. Lembaga pendidikan RA Nurul Dzikri menerapkan Kurikulum Merdeka secara penuh dengan menggunakan media loose parts; (2) Kurikulum Merdeka merupakan faktor eksternal yang mendukung kesiapan anak usia dini memasuki SD/MI. Pembelajaran dan kegiatan yang dirancang dalam kurikulum baru ini dapat meningkatkan dan juga menstimulasi kesiapan anak kelompok B di RA Nurul Dzikri untuk memasuki SD/MI; (3) anak kelompok B di RA Nurul Dzikri memiliki kesiapan yang baik. Mereka telah memenuhi indikator dasar dalam kesiapan memasuki SD/MI. Anak-anak juga mengikuti pembelajaran dan juga kegiatan dalam kurikulum merdeka dengan baik. Maka dari itu, kesiapan bersekolah mereka juga ikut terbentuk dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Hibana, S.Ag., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kurikulum Merdeka, Satuan Raudhatul Athfal, Anak Usia Dini
Subjects: Pendidikan > Kurikulum
Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini - Prasekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 12 Oct 2023 10:38
Last Modified: 12 Oct 2023 10:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61192

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum