MENGENALKAN KEARIFAN LOKAL MELALUI PEMBELAJARAN TARI KREASI UNTUK ANAK USIA 4-8 TAHUN DI SANGGAR SENI KINANTI SEKAR

Muslikah, NIM.: 19104030071 (2023) MENGENALKAN KEARIFAN LOKAL MELALUI PEMBELAJARAN TARI KREASI UNTUK ANAK USIA 4-8 TAHUN DI SANGGAR SENI KINANTI SEKAR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MENGENALKAN KEARIFAN LOKAL MELALUI PEMBELAJARAN TARI KREASI UNTUK ANAK USIA 4-8 TAHUN DI SANGGAR SENI KINANTI SEKAR)
19104030071_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (MENGENALKAN KEARIFAN LOKAL MELALUI PEMBELAJARAN TARI KREASI UNTUK ANAK USIA 4-8 TAHUN DI SANGGAR SENI KINANTI SEKAR)
19104030071_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kearifan lokal merupakan kumpulan nilai dan perspektif yang tumbuh secara alami di masyarakat setempat sebagai pedoman dalam tindakan. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Menjelaskan pembelajaran tari kreasi dalam mengenalkan kearifan lokal untuk anak usia 4-8 tahun di Sanggar Seni Kinanti Sekar; (2) mendeskripsikan hasil belajar mengenalkan kearifaan lokal melalui pembelajaran tari kreasi untuk anak usia 4-8 tahun di Sanggar Seni Kinanti Sekar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan pada 15 Mei sampai dengan 30 Juli 2023 yang bertempat di Sanggar Seni Kinanti Sekar yang bercabang di Pendopo Agung Ambarukmo. Subjek penelitian ini adalah pengelola sanggar, dua guru kelas tari, 3 peserta didik dan 3 orang tua pada kelas tari kreasi anak.teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan metode observasi lapangan, wawancara terstruktur, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber. Hasil penelitian di lapangan menunjukan bahwa (1) pembelajaran tari kreasi dalam mengenalkan kearifan lokal untuk anak usia 4-8 tahun di Sanggar Seni Kinanti Sekar meliputi beberapa komponen yaitu tujuan, materi, metode, media dan evaluasi. (2) Hasil belajar mengenalkan kearifan lokal melalui pembelajaran tari kreasi untuk anak usia 4-8 tahun dapat dilihat pada tiga aspek yaitu aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Pada setiap aspek akan terdapat beberapa tingkatan, peserta didik mengalami perkembangan sesuai dengan tingkat kemampuan dan perkembangannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Alfian Eko Widodo Adi Prasetyo, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Tari Kreasi, Krarifan Lokal, Hasil Belajar
Subjects: Kesenian
Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini - Prasekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 12 Oct 2023 10:54
Last Modified: 12 Oct 2023 10:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61197

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum