PENGEMBANGAN APLIKASI “YUK BELAJAR SALAT” BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SALAT ANAK TUNARUNGU USIA 8-12 TAHUN

Ahmad Nurholik, NIM.: 19204010013 (2023) PENGEMBANGAN APLIKASI “YUK BELAJAR SALAT” BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SALAT ANAK TUNARUNGU USIA 8-12 TAHUN. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN APLIKASI “YUK BELAJAR SALAT” BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SALAT ANAK TUNARUNGU USIA 8-12 TAHUN)
19204010013_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN APLIKASI “YUK BELAJAR SALAT” BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SALAT ANAK TUNARUNGU USIA 8-12 TAHUN)
19204010013_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan siswa disabilitas dalam meningkatkan keterampilan salat. Salat sendiri merupakan rukun iman ke dua yang wajib dipelajari oleh siswa beragama Islam baik di sekolah dasar (SD) ataupun di sekolah luar biasa (SDLB). Di dalam Permendikbud No. 24/2016 tentang KI dan KD Kurikulum 2013 pembelajaran tata cara salat dan bacaanya dimulai pada kelas dasar, yakni kelas II SD. Kebutuhan media pembelajaran untuk membantu siswa dalam mempelajari tata cara salat harus diupayakan oleh guru. Pengembangan media harus disesuaikan dengan kebutuhan siswa, agar capaian pembelajaran dapat tersampaikan dengan maksimal. Kebutuhan siswa disabilitas tentu berbeda dengan siswa pada umumnya, oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi “Yuk Belajar Salat” berbasis android untuk meningkatkan keterampilan salat anak tunarungu usia 8-12 tahun sebagai media untuk mempermudah dalam mempelajari salat. Penelitian ini menggunakan pendekatan R & D kombinasi model berurutan atau campuran dengan model Hannafin & Peck. Model ini memiliki tiga langkah atau tiga fase di dalam melakukan pengembangan. 1) Analisa kebutuhan, 2) Desain pengembangan, dan 3) implementasi. Teknik pengumpulan data berupa wawancara dan angket. Subjek penelitiannya adalah anak-anak tunarungu. Data yang diperoleh dari wawancara dan angket kemudian dianalisis secara deskriptif dan juga kuantitatif. Penelitian ini berbasis android dengan power point sebagai media utama pembuatan konten yang diubah ke dalam HTML5 menggunakan iSpring 9 untuk dibaca oleh google, kemudian untuk mengubah menjadi aplikasi menggunakan website 2 APK Build.Adapun hasil dari validasi media, materi, Analisis hasil, Uji Normalitas, Uji F, dan Uji responden dikatakan layak dan efektif berdasarkan hitungan data. Skor rata-rata validasi media 70 dan 69 dengan kriteria sangat baik Skor rata-rata ahli materi 59 dan 56 dengan kriteria sangat baik. Hasil analisis hasil signifikansi sebesar 0,000 yang artinya nilai signifikansi < 0,05, sehingga dapat H0 ditolak. Dengan menggunakan α = 0,05 dapat disimpulkan bahwa aplikasi efektif dan layak. Untuk Uji F menggunakan bantuan SPSS for windows 22 diperoleh nilai sig. = 0,005 atau nilai sig. < 0,05, maka H0 ditolak, sehingga dengan menggunakan α = 0,05 yang berarti bahwa aplikasi tersebut berpengaruh. Untuk uji responden Skor rata-rata angket respon siswa yang diperoleh adalah 68,7 dengan kriteria baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Andi Prastowo, S.Pd.I., M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Aplikasi, Keterampilan salat, Anak Tunarungu usia 7-12 tahun
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S-2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 12 Oct 2023 13:53
Last Modified: 12 Oct 2023 13:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61201

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum