PEMANFAATAN MEDIA DARING DALAM PEMBELAJARAN PAI SMP IT MASJID SYUHADA YOGYAKARTA

Okita Maya Asiyah, NIM.: 19204012022 (2023) PEMANFAATAN MEDIA DARING DALAM PEMBELAJARAN PAI SMP IT MASJID SYUHADA YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img] Text (PEMANFAATAN MEDIA DARING DALAM PEMBELAJARAN PAI SMP IT MASJID SYUHADA YOGYAKARTA)
19204012022_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (PEMANFAATAN MEDIA DARING DALAM PEMBELAJARAN PAI SMP IT MASJID SYUHADA YOGYAKARTA)
19204012022_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf

Download (672kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemajuan perkembangan teknologi dan informasi yang mempengaruhi media yang digunakan dalam pembelajaran PAI. Pasca pandemi Covid-19 penggunaan media daring dalam pembelajaran memberikan suasana baru dalam dunia pendidikan. Meskipun pandemi Covid-19 sudah berlalu dan pembelajaran sudah kembali tatap muka, media daring masih digunakan dalam pembelajaran PAI. Penelitian ini terdapat 3 tujuan: pertama mendeskripsikan pemanfaatan media daring dalam pembelajaran PAI di SMP IT Masjid Syuhada Yogyakarta, kedua menganalisis hasil dari pemanfaatan media daring dalam pembelajaran PAI di SMP IT Masjid Syuhada Yogyakarta, dan ketiga menganalisis kelemahan dari pemanfaatan media daring dalam pembelajaran PAI di SMP IT Masjid Syuhada Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SMP IT Masjid Syuhada Yogyakarta. Sumber data penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru Pendidikan Agama Islam, dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan adalah melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pemanfaatan dari masing-masing media daring dalam pembelajaran PAI di SMP IT Masjid Syuhada Yogyakarta diantaranya WhatsApp Group untuk penyampaian seluruh informasi pembelajaran, Google Meet untuk menyampaikan materi dan diskusi, Google Classroom untuk membagikan materi dan mengumpulkan tugas, dan Google Form untuk membuat soal. (2) Hasil dari pemanfaatan media daring dalam pembelajaran PAI di SMP IT Masjid Syuhada Yogyakarta adalah guru dan siswa menjadi melek teknologi, pembelajaran lebih inovatif dan kreatif, fleksibel, dan meningkatnya fasilitas sekolah. (3) Kelemahan dari pemanfaatan media daring dalam pembelajaran PAI di SMP IT Masjid Syuhada Yogyakarta adalah ketergantungan pada gadget, materi yang disampaikan tidak maksimal kompetensi dasar tidak tercapai maksimal, validitas hasil belajar, dan peningkatan hasil belajar siswa kurang signifikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Muh. Wasith Achadi, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Media Daring, Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S-2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 12 Oct 2023 13:54
Last Modified: 12 Oct 2023 13:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61202

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum