PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN TARIKH DALAM MEMBENTUK SIKAP DAN PANDANGAN HIDUP SISWA DI SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA

Kurnianingsih, NIM.: 00410517 (2005) PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN TARIKH DALAM MEMBENTUK SIKAP DAN PANDANGAN HIDUP SISWA DI SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN TARIKH DALAM MEMBENTUK SIKAP DAN PANDANGAN HIDUP SISWA DI SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA)
00410517_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN TARIKH DALAM MEMBENTUK SIKAP DAN PANDANGAN HIDUP SISWA DI SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA)
00410517_BAB II_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran tarikh dapat membawa siswa untuk menghayati peristiwa -peristiwa bersejarah yang mengandung nilai-nilai moral. Pesan-pesan moral yang terkandung dalam pelajaran tarikh sangat tergantung pada kemampuan guru dalam menimbulkan perhatian, pemahaman, dan penerimaan, artinya pembelajaran harus mampu menarik perhatian siswa sehingga pesan-pesan moral yang terkandung dalam materi bisa dipahami oleh siswa dan diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Berkaitan dengan hal tersebut penulis tertarik untuk mengadakan penelitian di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta, karena pembelajara Tarikh yang dilakukan di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Penelitian ini penulis menggunakan metode populasi dan sampling. Dalam menganilisis data menggunakan Analisa kuantitatif dan Analisa kualitatif. Kesimpulan penelitian ini adalah 1). Dalam upaya membentuk sikap dan dan pandangan hidup siswa melalui pelajaran tarikh, SMK Muharnmadiyah telah melakukan upaya Pengembangan pernbelajaran yang mencakup pengembangan tujuan pembelajaran, meteri dan metode .sebagai berikut: a. Tujuan pembelajaran telah mengalami pengembangan yaitu : rumusan tujuan di setiap sub pokok pembahasan, rnmusan tujuan menunjukkan tingkah laku yang dapat diukur dan rnmusan tujuan dinyatakan dalam tujuan khusus pembelajaran, mmusan tujuan juga disampaikan kepada siswa sebelum proses pembelajaan dimulai. b. Materi pembelajaran telah mengalami pengembangan yaitu dengan mengkaji sejarah secara konfehensif mulai dari sejarah Nabi, sejarah sahabat sampai kepada kerajaa Bani Umayah dan Abbasiyah, dengan lcbih mcnckankan kajian lokoh yang berkaitan dengan aqidah, ibadah akhlak serta dakwah yang telah dilakukan baik oleh Nabi maupun oleh para Sahabat. d. Metode yang digunakan dalam pembelajaran Tarikh lebih bervaiiasi sehingga suasana pembelajaran tidak monoton dan siswa tertarik dengan kajian materi yang disampaikan sehingga mampu memahami materi dan dapat mengaplikasikan dalarn kehidupan sehari-hari. Upaya pembentukan sikap dan pandangan hidup s1swa melalui kegiatan­kegiatan sekolah yaitu: a. Pembelajaran PAI; b. Tilawah al Qur'an; c. Sholat jama 'ah d. Baca tulis al -Qur'an; e. Training ESQ 2). Perubahan sikap dan pandangan hidup siswa sebagai hasil dari pengembangan pembelajaran tarikh, berdasarkan data basil ai1gket dai1 observasi yang penulis Iakukan terlihat bahwa sebagian besar sikap dan pe1ilaku siswa sudah berubah kearah yang baik, walaupun belum seratus persen. Hal ini mengindikasikan bahwa usaha yang dilakukan gum sudah mengarah hasil yang baik. Dalam hal ini gum tidak bisa dijastifikasi gagal, karena ada factor lain yang turnt andil dalam membentuk sikap dan pandangan hidup siswa yaitu orangtua dan lingkungan masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H.M. Noor Matdawam
Uncontrolled Keywords: pembelajaran Tarikh; aqidah; akhlak; dakwah; siswa
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 12 Oct 2023 13:26
Last Modified: 12 Oct 2023 13:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61203

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum