PENGEMBANGAN GIM PETUALANGAN INTERAKTIF DENGAN KONTEKS PUNAKAWAN UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL

Muhammad Alfabaet Zuhudi, NIM.: 19104040001 (2023) PENGEMBANGAN GIM PETUALANGAN INTERAKTIF DENGAN KONTEKS PUNAKAWAN UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN GIM PETUALANGAN INTERAKTIF DENGAN KONTEKS PUNAKAWAN UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL)
19104040001_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN GIM PETUALANGAN INTERAKTIF DENGAN KONTEKS PUNAKAWAN UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL)
19104040001_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (12MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan gim edukasi berjenis petualangan (Adventure game) untuk memfasilitasi pemahaman konsep yang menghadirkan tokoh pewayangan Punakawan sebagai karakter-karakternya. Gim ini memuat materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel dan penerapan dari Persamaan Linear Tiga Variabel. Model pengembangan pada penelitian pengembangan ini adalah ADDIE. Tahap ADDIE meliputi analyze, design, development, implementation, dan evaluation. Kriteria ketercapaian kualitas gim ini adalah dengan mendapat kategori minimal baik dari hasil penilaian ahli pada segi media dan materi, serta dari hasil uji coba lapangan pada segi kepraktisan dan keefektifan. Hasil dari penelitian ini yaitu sebuah aplikasi gim bernama “Perjalanan yang Membagongkan” yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran matematika dan gim yang menghibur dan menantang. Gim ini telah melewati penilaian dari dua orang ahli, yakni ahli media dan ahli materi. Hasil dari penilaian ahli media mendapat persentase sebesar 82,89% (baik) dan ahli materi dengan persentase sebesar 77,5% (baik). Hasil kepraktisan dari hasil uji coba lapangan mendapatkan skor sebesar 91% (sangat baik) dari guru dan 85,78% (sangat baik) dari peserta didik. Hasil keefektifan mendapatkan peningkatan sebesar 9,55% dari hasil posttest dan pretest yang artinya produk termasuk efektif dalam memfasilitasi pemahaman konsep. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gim “Perjalanan yang Membagongkan” berkualitas dan layak digunakan sebagai media pembelajaran yang memfasilitasi pemahaman konsep.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Nurul Arfinanti, S.Pd.Si., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Gim Edukasi, Punakawan, Adventure-Educative Game, Pemahaman Konsep, Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 12 Oct 2023 14:26
Last Modified: 12 Oct 2023 14:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61206

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum