PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BARISAN DAN DERET ARITMETIKA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA

Devinta Fajar Lestari, NIM.: 19104040003 (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BARISAN DAN DERET ARITMETIKA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BARISAN DAN DERET ARITMETIKA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA)
19104040003_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BARISAN DAN DERET ARITMETIKA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA)
19104040003_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menghasilkan produk berupa bahan ajar barisan dan deret aritmetika berbasis Problem Based Learning (PBL) dengan muatan profil pelajar Pancasila untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah siswa yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu: Analyze, Design, Develop, Implement, dan Evaluate. Subjek uji coba produk untuk penilaian bahan ajar terdiri dari tiga ahli, sedangkan subjek implementasi dalam pembelajaran adalah siswa kelas X-7 SMA Negeri 1 Sewon tahun ajaran 2022/2023. Instrumen yang digunakan adalah lembar penilaian kualitas bahan ajar, lembar angket respon siswa, dan lembar soal post test. Teknik analisis ada dalam penelitian ini terdiri dari analisis data kualitatif dan kuantitatif untuk menganalisis kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan produk. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Valid ditentukan berdasarkan rata-rata hasil penilaian bahan ajar oleh para ahli. Hasil penilaian tersebut menunjukkan bahwa bahan ajar yang telah dikembangkan memenuhi kriteria “baik” dengan rata-rata sebesar 144,67 dan persentase keidealan sebesar 84,11%. Praktis ditentukan berdasarkan hasil angket respon siswa terhadap bahan ajar. Hasil tersebut menunjukkan kriteria “baik” dengan rata-rata sebesar 58,69 dan persentase keidealan sebesar 73,37%. Efektif ditentukan berdasarkan hasil post test kemampuan pemecahan masalah, banyaknya siswa yang memperoleh nilai di atas atau sama dengan Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) pada materi barisan dan deret aritmetika yaitu sebanyak 31 siswa dengan persentase ketuntasan sebesar 86,11% dengan kriteria “sangat baik”. Dengan demikian, bahan ajar yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran di kelas X SMA/Sederajat pada materi barisan dan deret aritmetika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Nurul Arfinanti, S.Pd.Si., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar, Problem Based Learning, Profil Pelajar Pancasila, Kemampuan Pemecahan Masalah
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 12 Oct 2023 14:28
Last Modified: 12 Oct 2023 14:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61207

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum