PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DILENGKAPI DENGAN SOFTWARE GEOGEBRA UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS

Kintan Rahmaeda Cahyaningtias, NIM.: 19104040021 (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DILENGKAPI DENGAN SOFTWARE GEOGEBRA UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DILENGKAPI DENGAN SOFTWARE GEOGEBRA UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS)
19104040021_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DILENGKAPI DENGAN SOFTWARE GEOGEBRA UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS)
19104040021_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menghasilkan produk berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) bangun ruang berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) dilengkapi dengan Software GeoGebra untuk memfasilitasi kemampuan representasi matematis peserta didik yang layak, yaitu memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Subjek uji coba produk untuk penilaian bahan ajar terdiri dari tiga penilai ahli dan subjek implementasi dalam pembelajaran adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 4 Yogyakarta tahun ajaran 2022/2023. Instrumen yang digunakan adalah lembar penilaian kualitas LKPD, lembar angket respon peserta didik, dan lembar soal post test. Teknik analisis data dalam penelitian ini terdiri dari analisis data kualitatif dan kuantitatif untuk menganalisis kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan produk. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Valid ditentukan hasil penilaian LKPD oleh para penilai ahli yang menunjukkan bahwa LKPD yang telah dikembangkan memperoleh indeks validitas 0,75 dan telah memenuhi batas indeks minimum dari tabel V yaitu 0,64. Praktis ditentukan berdasarkan hasil angket respon peserta didik terhadap LKPD yang menunjukkan sikap “setuju” akan kepraktisan LKPD dengan rata-rata sebesar 3,02 dan persentase tingkat persetujuan 75,4%. Efektif ditentukan berdasarkan hasil post test kemampuan representasi matematis yang menunjukkan sebanyak 23 dari 32 peserta didik telah memenuhi Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) dengan persentase ketuntasan sebesar 72%, sehingga memperoleh kriteria “baik”. Dengan demikian, LKPD yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran di kelas VII SMP/Sederajat pada materi bangun ruang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Sintha Sih Dewanti, S.Pd.Si., M.Pd.Si.
Uncontrolled Keywords: LKPD, Bangun Ruang, Contextual Teaching and Learning, Software GeoGebra, Kemampuan Representasi Matematika
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 01 Nov 2023 15:10
Last Modified: 01 Nov 2023 15:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61211

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum