EFEKTIVITAS PENGGUNAAN E-COMIC MATEMATIKA “RIKA” DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP PADA MATERI STATISTIKA

Aqidatul Izzah, NIM.: 19104040043 (2023) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN E-COMIC MATEMATIKA “RIKA” DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP PADA MATERI STATISTIKA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PENGGUNAAN E-COMIC MATEMATIKA “RIKA” DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP PADA MATERI STATISTIKA)
19104040043_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PENGGUNAAN E-COMIC MATEMATIKA “RIKA” DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP PADA MATERI STATISTIKA)
19104040043_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui keefektifan penggunaan e-comic RIKA dengan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa. 2) untuk mengetahui keefektifan penggunaan e-comic RIKA dengan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) ditinjau dari motivasi belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Negeri 9 Sleman. Sampel penelitian ini yaitu kelas VIII B dan VIII D, tahun ajaran 2022/2023. Teknik pengumpulan data menggunakan pretest-posttest kemampuan komunikasi matematis dan prescalepostscale motivasi belajar. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji T dan uji Mann Whitney dengan sebelumnya dilakukan uji prasyarat. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa 1) penggunaan e-comic RIKA dengan model pembelajaran PBL lebih efektif daripada metode konvensional jika ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa. 2) penggunaan e-comic RIKA dengan model pembelajaran PBL tidak lebih efektif daripada metode konvensional jika ditinjau dari motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Raekha Azka, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Penggunaan E-Comic RIKA Dengan PBL, Kemampuan Komunikasi Matematis, Motivasi Belajar
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 02 Nov 2023 14:32
Last Modified: 02 Nov 2023 14:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61214

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum