EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) WITH ARGUMENTATION TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI HUKUM – HUKUM DASAR KIMIA KELAS X

Himmayatul Zulva Ilmayani, NIM.: 19104060005 (2023) EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) WITH ARGUMENTATION TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI HUKUM – HUKUM DASAR KIMIA KELAS X. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) WITH ARGUMENTATION TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI HUKUM – HUKUM DASAR KIMIA KELAS X)
19104060005_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) WITH ARGUMENTATION TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI HUKUM – HUKUM DASAR KIMIA KELAS X)
19104060005_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Salah satu faktor yang menyebabkan hasil belajar rendah adalah kurangnya minat belajar siswa, model pembelajaran yang diterapkan oleh guru dirasa menjenuhkan dan tidak mampu menimbulkan daya tarik siswa terhadap materi yang disampaikan. Melalui model PBL, siswa diharapkan mampu secara aktif mengkonstruk pengetahuan mereka sendiri, mampu berpikir kritis dan memecahkan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana efektivitas model PBL with argumentation terhadap hasil belajar dan keterampilan proses sains siswa pada materi hukum-hukum dasar kimia kelas X. Melalui desain penelitian eksperimen semu, dua kelas X MIPA 1 dan X MIPA 2 SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta dipilih sebagai sampel melalui teknik cluster random sampling. Data hasil belajar dikumpulkan dengan soal tes (pretest dan posttest), sedangkan data keterampilan proses sains diungkap dengan lembar observasi. Data hasil belajar dianalisis secara statistik inferensial dengan uji-t, sedangkan data hasil observasi dianalisis secara statistik deskriptif melalui persentase. Hasil penelitian menunjukkan nilai sig. hasil belajar siswa sebesar 0,005 < 0,05 sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa model PBL with argumentation terbukti efektif terhadap hasil belajar siswa. Sedangkan skor persentase rata-rata hasil keterampilan proses sains menunjukkan ada selisih antara kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 15%, sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa model PBL with argumentation terbukti efektif terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi hukum-hukum dasar kimia kelas X.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Jamil Suprihatiningrum, S.Pd.Si., M.Pd.Si., Ph.D.
Uncontrolled Keywords: Argumentasi, Hasil Belajar, Keterampilan Proses Sains, Problem Based Learning (PBL)
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 13 Oct 2023 09:01
Last Modified: 13 Oct 2023 09:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61230

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum