PENGEMBANGAN E-LKPD KIMIA BERBASIS PROBLEM SOLVING SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI LAJU REAKSI

Nor Laily Muftikhatur RM, NIM.: 19104060009 (2023) PENGEMBANGAN E-LKPD KIMIA BERBASIS PROBLEM SOLVING SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI LAJU REAKSI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN E-LKPD KIMIA BERBASIS PROBLEM SOLVING SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI LAJU REAKSI)
19104060009_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN E-LKPD KIMIA BERBASIS PROBLEM SOLVING SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI LAJU REAKSI)
19104060009_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

E-LKPD berbasis problem solving merupakan lembar kerja peserta didik dalam bentuk electronik yang di dalamnya mencakup komponen-komponen pembelajaran berbasis problem solving. Penggunaan E-LKPD tersebut beriringan dengan berkembangnya era digitalisasi Pendidikan yang menjadikan pembelajaran harus tervisualisasi secara digital. E-LKPD menjadi salah satu alternatif untuk membuat media pembelajaran digital, tak terkecuali media pembelajaran laju reaksi. Pada materi laju reaksi terdapat konsep serta perhitungan yang membutuhkan tahapan-tahapan secara sistematis dalam menyelesaikan masalah oleh karena itu dalam memahami materi laju reaksi perlu diterapkannya model pembelajaran problem solving. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur pengembangan E-LKPD berbasis problem solving pada materi laju reaksi dan menganalisis kualitas media yang dikembangkan. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Namun, pada penelitian ini hanya dibatasi pada tahap development. Produk akhir dari pengembangan ini adalah media pembelajaran berupa E-LKPD berbasis problem solving pada materi laju reaksi. Hasil validasi produk oleh ahli materi adalah Layak Digunakan Tanpa Revisi. Hasil validasi produk oleh ahli media adalah Layak Digunakan Dengan Revisi. Hasil penilaian dari lima pendidik kimia SMA/MA memperoleh presentase 87,50% dengan kategori Sangat Baik (SB). Produk mendapatkan respon positif dari peserta didik dengan memperoleh presentase sebesar 93,00%. Berdasarkan hasil tersebut, media hasil pengembangan dapat digunakan sebagai alternatif media pembelajaran di sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Setia Rahmawan, M.Pd
Uncontrolled Keywords: E-LKPD, Problem Solving, Laju Reaksi
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 13 Oct 2023 09:04
Last Modified: 13 Oct 2023 09:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61231

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum