PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN BERBASIS QUIZIZZ UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI MINYAK BUMI

Khori Wanida Sari, NIM.: 19104060022 (2023) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN BERBASIS QUIZIZZ UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI MINYAK BUMI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN BERBASIS QUIZIZZ UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI MINYAK BUMI)
19104060022_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN BERBASIS QUIZIZZ UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI MINYAK BUMI)
19104060022_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Teknologi mempunyai peran penting bagi guru dan peserta didik dalam memudahkan kegiatan pembelajaran baik daring, hybrid maupun tatap muka. Sementara dalam pembelajaran kimia diperlukan pemahaman proses sains karena berpengaruh pada perilaku aktif serta hasil belajar peserta didik. Oleh karena itu, penting untuk dilakukan pengukuran kemampuan literasi sains dengan instrumen penilaian yang dapat dilakukan daring, hybrid, dan tatap muka sehingga guru dapat memberikan pembelajaran terbaik pada peserta didik dengan kemampuan yang berbeda dan dalam semua kondisi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian berbasis quizizz untuk mengukur kemampuan literasi sains pada materi minyak bumi. Jenis penelitian ini adalah pengembangan (R&D) dengan model pengembangan formative research Tessmer yang terdiri dari empat tahap yaitu tahap preliminary, self evaluation, prototyping (expert reviews, one-to-one dan small group), dan field test. Produk ini ditinjau oleh tiga dosen kimia menggunakan angket Likert skala lima, serta diujicobakan pada 50 subjek peserta didik SMA/MA jurusan MIPA yang telah mendapatkan materi minyak bumi di sekolah. Hasil penilaian kualitas produk oleh ahli mendapatkan nilai rata-rata total semua soal (Va) 4,30 yang berarti valid. Hasil ujicoba peserta didik diolah datanya dengan SPSS menghasilkan 16 soal valid serta 4 soal tidak valid dan 16 soal tersebut memiliki nilai Cronbach’s Alpa 0,712 sehingga reliabel dengan kategori tinggi. Hasil yang diperoleh dari uji tingkat kesukaran didapatkan 7 soal dengan kategori sedang serta 13 soal dengan kategori mudah dan hasil yang diperoleh untuk daya pembeda didapatkan bahwa 2 soal dengan kategori tinggi sekali, 4 soal dengan kategori tinggi, 8 soal dengan kategori sedang, serta 6 soal dengan kategori rendah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Muhammad Zamhari, S.Pd.Si., M.Sc.
Uncontrolled Keywords: Quizizz, Literasi Sains, Minyak Bumi
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 13 Oct 2023 09:09
Last Modified: 13 Oct 2023 09:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61233

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum