PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW (PQ4R) PADA MATERI HIDROKARBON

Merika Salma Puspa Kusuma, NIM.: 19104060028 (2023) PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW (PQ4R) PADA MATERI HIDROKARBON. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW (PQ4R) PADA MATERI HIDROKARBON)
19104060028_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW (PQ4R) PADA MATERI HIDROKARBON)
19104060028_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan pendidikan ditandai dengan adanya perubahan kurikulum dimana terjadi perubahan paradigma pendidikan yang awalnya berorientasi pada guru menjadi pembelajaran dengan pusat orientasi pada peserta didik. Faktor penting yang dapat mempengaruhi proses pembelajaran yaitu bahan ajar. Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) merupakan salah satu bentuk bahan ajar yang dapat dikembangkan dalam bentuk elektronik. Inovasi pengembangan LKPD dalam bentuk elektronik dapat mendukung guru untuk melakukan pembelajaran yang sesuai dengan pembelajaran era teknologi yang menjadi pendukung dalam proses pembelajaran. Hidrokarbon merupakan materi kimia dengan konsep materi yang membutuhkan pemahaman yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-LKPD berbasis Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) pada materi hidrokarbon serta menganalisis kualitas dari produk yang dikembangkan. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian pengembangan (R&D) menggunakan model pengembangan 4-D (define, design, develop, disseminate) akan tetapi dibatasi sampai tahap develop. Produk yang dikembangkan ditinjau oleh dosen pembimbing dan tiga peer reviewer. Produk divalidasi oleh satu ahli materi dan satu ahli media. Kualitas produk dinilai oleh tiga reviewer (guru kimia SMA/MA) dan direspon oleh sepuluh peserta didik kelas XII MIPA. Penilaian kualitas produk dilakukan menggunakan lembar angket skala Likert, sedangkan respon peserta didik menggunakan lembar angket skala Guttman. Karakteristik produk yang dikembangkan berupa E-LKPD berbasis Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) pada materi hidrokarbon. E-LKPD dilengkapi dengan video pembelajaran, materi pendukung, dan enam tahapan siklus yang mendukung model PQ4R yang diterapkan dalam E-LKPD. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa produk memperoleh persentase 85% dengan kategori Sangat Baik (SB) berdasarkan validasi ahli materi, persentase 95% dengan kategori Sangat Baik (SB) berdasarkan validasi ahli media, dan persentase 95% berdasarkan penilaian dari tiga reviewer (guru kimia SMA/MA). Produk mendapat respon positif dari peserta didik dengan memperoleh persentase sebesar 99%. Berdasarkan hal tersebut, produk hasil pengembangan layak digunakan sebagai bahan ajar di sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Retno Aliyatul Fikroh, M.Sc.
Uncontrolled Keywords: E-LKPD, PQ4R, Hidrokarbon
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 13 Oct 2023 09:12
Last Modified: 13 Oct 2023 09:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61234

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum