PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY BERBASIS INSTAGRAM FILTER PADA SUB MATERI BENTUK MOLEKUL DI SMA/MA

Ilham Aditya Anggara, NIM.: 19104060035 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY BERBASIS INSTAGRAM FILTER PADA SUB MATERI BENTUK MOLEKUL DI SMA/MA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY BERBASIS INSTAGRAM FILTER PADA SUB MATERI BENTUK MOLEKUL DI SMA/MA)
19104060035_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY BERBASIS INSTAGRAM FILTER PADA SUB MATERI BENTUK MOLEKUL DI SMA/MA)
19104060035_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Belum tersedia media pembelajaran yang mengaplikasikan teknologi augmented reality berbasis filter Instagram pada konteks pembelajaran bentuk molekul di lingkungan pendidikan menengah atas (SMA/MA). Hal ini didasari oleh sejumlah hambatan terkait proses pembelajaran bentuk molekul yang perlu diatasi. Antara lain, keterbatasan representasi visual dalam bentuk gambar 2 dimensi dalam pembelajaran bentuk molekul, kemudian perihal keterbatasan fasilitas seperti minimnya integrasi teknologi dalam lingkungan belajar, kurangnya inovasi dan masih diterapkannya metode pembelajaran konvensional yang hanya bergantung pada materi cetak mengakibatkan kurangnya daya tarik peserta didik terhadap pembelajaran. Untuk itu dilakukan penelitian ini bertujuan supaya menghasilkan media pembelajaran yang menarik, inovatif, sesuai, mudah, dan fleksible yang dikembangkan dengan baik berdasarkan beberapa tahap pengujian. Penelitian ini berjenis penelitian pengembangan model ADDIE (analysis, design, develop, implemetation, evaluation) yang dilakukan hingga tahap develop. Kualitas produk divalidasi oleh satu ahli materi, satu ahli media, dan tiga reviewer serta direspon oleh 10 peserta didik SMA/MA. Instrumen pada penelitian ini antara lain berupa lembar penilaian kualitas berskala Likert dan lembar respon peserta didik berskala Guttman. Hasil penelitian kualitas produk oleh ahli materi diperoleh persentase 100% dengan kategori Sangat Baik, ahli media diperoleh presentase 90% dengan kategori Sangat Baik, reviewer (guru kimia SMA/MA) diperoleh persentase 93,33% dengan kategori Sangat Baik, serta diperoleh respon positif dari peserta didik dengan persentase 96%. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran augmented reality berbasis Instagram filter pada sub materi bentuk molekul dapat digunakan sebagai alternatif media pada pembelajaran bentuk molekul di SMA/MA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Laili Nailul Muna, M.Sc.
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Instagram Filter, ADDIE, Dan Bentuk Molekul
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 13 Oct 2023 09:41
Last Modified: 13 Oct 2023 09:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61236

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum