PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH TSANAWIYAH LUAR BIASA (MTsLB/A) YAKETUNIS YOGYAKARTA (Tinjauan Motivasi Belajar Siswa)

Bahruddin Hasan, NIM. 99424505 (2005) PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH TSANAWIYAH LUAR BIASA (MTsLB/A) YAKETUNIS YOGYAKARTA (Tinjauan Motivasi Belajar Siswa). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH TSANAWIYAH LUAR BIASA (MTsLB/A) YAKETUNIS YOGYAKARTA (Tinjauan Motivasi Belajar Siswa))
99424505_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH TSANAWIYAH LUAR BIASA (MTsLB/A) YAKETUNIS YOGYAKARTA (Tinjauan Motivasi Belajar Siswa))
99424505_BAB II_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

penelitian yang penulis lakukan ini dapat ditarik suatu kesimpulan bahwa: 1. Pelaksanaan proses belajar mengajar bahasa arab di MTsLB/A Yaketunis diberikan dari kelas I - III berdasarkan kurikulum 1994 GBPP MTs yang ditetapkan oleh Depag. Untuk kurikulum berbasis kompetensi yang sesuai dengan GBPP sekarang ini, barn tahap uji coba di kelas I. adapun langkahlangkah guru dalam proses belajar mengajar bahasa arab adalah apersepsi sebagai langkah awal, lalu penjelasan dengan menerapkan berbagai metode yang sesuai dan terakhir adalah penerapan materi dan latihanlatihan. 2. Motivasi intrinsik yang ada pada diri siswa MTsLB/A 'iaketunis adalah sebagai berikut: a). Para siswa pada dasarnya gemar membaca serta mempelajari bahasa Arab. b ). Siswa belajar bahasa Arab karena bercitacita ingin menjadi seorang yang ahli di bidang bahasa Arab. Motivasi tersebut muncul dari dalam diri siswa itu sendiri. Mereka menyadari bahwa dengan kemampuan berbahasa Arab yang baik mereka akan mudah untuk mempelajari ilmu-ilmu lainnya yang ditulis dengan bahasa Arab. Sehingga kelak bisa menjadi seorang yang ahli di bidang agama. 3. Motivasi ekstrinsik yang dimiliki s1swa MTsLB/A Yaketunis adalah: a). Sebagian besar mereka belajar bahasa Arab karena kewajiban b ). Belajar bahasa Arab karena takut hukuman c ). belajar bahasa Arab untuk mendapat hadiah yang dijanjikan d). Belajar bahasa Arab untuk mendapat puj ian dari guru serta gengsi sosial di antara teman. Motivasi ekstrinsik ini cukup berpengaruh juga bagi proses pembelajaran bahasa Arab di MTsLB/A Yaketunis. Jadi tak hanya motivasi intrinsik saja yang penting melainkan juga motivasi dari luar ( ekstrinsik). 4. Guru memegang peranan yang penting dalam memberi motivasi siswa ( ekstrinsik ). Cara a tau strategi guru dalam menumbuhkan motivasi siswa bermacam-macam, a). Memberi angka b). Kompetisi c).Memberi ulangan c ). Pujian d).Hukuman. Dari penelitian ini kita ketahui juga bahwa motivator dari luar juga sangat membantu untuk menumbuhkan semangat siswa dalam belajar. Motivasi intrinsik dan ekstrinsik menjadi bagian pokok yang hams ada dalam sebuah proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: DRS.A.Warid. M.Ag
Uncontrolled Keywords: motivasi intrinsik; motivasi ekstrinsik; motivasi belajar; Bahasa Arab
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 13 Oct 2023 09:54
Last Modified: 02 Nov 2023 14:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61251

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum