EFEKTIVITAS PROGRAM PELATIHAN PENYUSUNAN SOAL LEVEL HOTS BAGI GURU DI MI AL IMAN SOROGENEN

Sayyid Abdul Munir, NIM.: 19104080005 (2023) EFEKTIVITAS PROGRAM PELATIHAN PENYUSUNAN SOAL LEVEL HOTS BAGI GURU DI MI AL IMAN SOROGENEN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PROGRAM PELATIHAN PENYUSUNAN SOAL LEVEL HOTS BAGI GURU DI MI AL IMAN SOROGENEN)
19104080005_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PROGRAM PELATIHAN PENYUSUNAN SOAL LEVEL HOTS BAGI GURU DI MI AL IMAN SOROGENEN)
19104080005_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Keterampilan berpikir tingkat tinggi, yang dikenal dengan Higher Order Thingking Skill (HOTS) atau suatu pola berpikir tingkat tinggi yang peserta didik terlibat di dalamnya. Mereka menggantungkan diri pada kemampuan menganalisis, mengevaluasi, dan menciptakan suatu solusi yang dapat memecahkan berbagai masalah yang ada. Tujuan utama dari pembelajaran berbasis level HOTS ini adalah untuk mengembangkan kemampuan siswa dalam berpikir kritis, berpikir kreatif, sistematis dan berpikir logis. Soal HOTS harus mampu menguji kemampuan peserta didik untuk menganalisis, sintesis, dan mengevaluasi informasi yang telah dipelajari. Oleh karena itu, pembuatan soal HOTS memerlukan kemampuan khusus dan keahlian yang memadai. Dengan demikian perlunya guru yang mempunyai kemampuan untuk dapat menyusun soal HOTS yang mumpuni, sehingga membantu peserta didik dalam pembelajaran yang lebih optimal dan tidak menghambat pencapaian tujuan dari pada kurikulum 2013. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Bagaimanakah desain pelatihan penyusunan soal level Higher Order Thinking Skill (HOTS) bagi guru madrasah ibtidaiyah Al Iman Sorogenen? (2) Bagaimanakah respon guru madrasyah Ibtidaiyah Al Iman Sorogenen dalam mengikuti pelatihan penyusunan soal level Higher Order Thinking Skill (HOTS)? (3)Bagaimanakah efektifkah pelatihan penyusunan soal level Higher Order Thinking Skill (HOTS) bagi guru madrasyah Ibtidaiyah Al Iman Sorogenen? Jenis penelitian ini menggunakan Pendekatan mixed-method (metode campuran. Penerapan mixed-method dengan tipe konvergen-paralel bertujuan untuk menggali data secara bersamaan dan berurutan dengan melibatkan pengumpulan data kualitatif dan kuantitatif. pengumpulan data menggunakan angket, kuisioner, dan tes menggunakan Pretest dan Postes. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi : mengetahui, (1)Desain pelatihan penyusunan soal level Higher Order Thinking Skill (HOTS) (2) Respon guru madrasyah Ibtidaiyah Al Iman Sorogenen dalam mengikuti pelatihan penyusunan soal level Higher Order Thinking Skill (HOST) yang didapat dari angket yang diberikan kepada peserta pelatihian. (3) efektifkah pelatihan penyusunan soal level Higher Order Thinking Skill (HOST). Data di dapat dari metode tes melalui Pretes dan Postes. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa: (1) pelaksanaan pelatihan berjalan dengan lancar. (2) Rerata skor total dari berbagai aspek pelaksanaan pelatihan adalah 3,52. Hal ini menunjukkan bahwa secara umum, guru memberikan respon positif terhadap pelatihan dan menyusun soal dengan tingkat Higher Order Thinking Skill (HOTS). Variansi dan standar deviasi tertinggi terdapat pada Aspek 4 dengan nilai 0,27 dan 0,52, sementara variansi dan standar deviasi terendah terdapat pada Aspek 3 dengan nilai 0,31 dan 0,56. Secara keseluruhan, hasil analisis deskriptif statistik menunjukkan bahwa pelatihan penyusunan soal level Higher Order Thinking Skill (HOTS) dinilai dengan baik oleh sebagian besar guru. (3) Data menunjukan nilai signifikansinya adalah 0,0058 sehingga Ho ditolak karena lebih kecil dari 0,05, artinya terdapat perbedaan nilai pretest dan posttest dalam pelatihan yang dilakukan. Dengan kata lain, kualitas soal HOTS buatan guru meningkat setelah mengikuti pelatihan penyusunan soal HOTS.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Aninditya Sri Nugraheni, S.Pd, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Program Pelatihan, Higher Order Thingking Skill (HOTS), MI Al Iman Sorogenen
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 13 Oct 2023 10:47
Last Modified: 13 Oct 2023 10:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61261

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum