PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA KELAS V DI SDIT MUHAMMADIYAH SINAR FAJAR

Ayu Kusumayanti Pramono, NIM.: 19104080031 (2023) PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA KELAS V DI SDIT MUHAMMADIYAH SINAR FAJAR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA KELAS V DI SDIT MUHAMMADIYAH SINAR FAJAR)
19104080031_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA KELAS V DI SDIT MUHAMMADIYAH SINAR FAJAR)
19104080031_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) menghasilkan pengembangan E-LKPD berbasis PjBL pada materi “Sistem Peredaran Darah Manusia” kelas V, (2) memperoleh E-LKPD berbasis PjBL pada materi “Sistem Peredaran Darah Manusia” kelas V di SDIT Muhammadiyah Sinar Fajar yang layak menurut penilaian validator, (3) mengetahui respons siswa terhadap E-LKPD berbasis PjBL pada materi “Sistem Peredaran Darah Manusia” kelas V di SDIT Muhammadiyah Sinar Fajar. Penelitian ini menggunakan desain penelitian dan pengembangan atau Reseacrh and Development (R&D) dengan model 4-D, yaitu define, design, development, dan dissemination. Jenis data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: data validasi dari ahli, data respons dari praktisi dan calon pengguna produk. Adapun indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah: (1) produk dikatakan layak apabila telah melalui validasi dari dosen ahli dan mendapatkan respons positif dari siswa, (2) produk dikatakan tidak layak apabila telah melalui validasi dari dosen ahli dan mendapatkan respons negatif dari siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Telah dihasilkan E-LKPD Berbasis PjBL Pada Materi “Sistem Peredaran Darah Manusia” Kelas V dengan karakteristik proses define, design, development dan disseminate serta karakteristik produk yang terdiri dari cover, petunjuk, capaian pembelajaran, alokasi waktu, tujuan, daftar isi, kegiatan sesuai sintaks PjBL, games edukatif, soal evaluasi, tokoh sains, dan daftar pustaka. (2) Telah diperoleh E-LKPD yang layak berdasarkan penilaian ahli yang dibuktikan dengan rata-rata skor penilaian 4,3 dari 5 dengan kategori Sangat Baik. (3) Respons positif siswa erhadap E-LKPD yang dibuktikan dengan persentase sebesar 93%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Anita Ekantini, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: E LKPD, PjBL, Sistem Peredaran Darah Manusia
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 13 Oct 2023 13:37
Last Modified: 13 Oct 2023 13:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61270

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum