NILAI-NILAI ETIKA LINGKUNGAN PADA BUKU SISWA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DAN BUDI PEKERTI SMP KELAS VII DAN IMPLIKASINYA TERHADAP SIKAP PEDULI LINGKUNGAN SISWA

Syarif Hidayatullah, NIM: 21204011011 (2023) NILAI-NILAI ETIKA LINGKUNGAN PADA BUKU SISWA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DAN BUDI PEKERTI SMP KELAS VII DAN IMPLIKASINYA TERHADAP SIKAP PEDULI LINGKUNGAN SISWA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI ETIKA LINGKUNGAN PADA BUKU SISWA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DAN BUDI PEKERTI SMP KELAS VII DAN IMPLIKASINYA TERHADAP SIKAP PEDULI LINGKUNGAN SISWA)
21204011011_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI ETIKA LINGKUNGAN PADA BUKU SISWA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DAN BUDI PEKERTI SMP KELAS VII DAN IMPLIKASINYA TERHADAP SIKAP PEDULI LINGKUNGAN SISWA)
21204011011_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah pentingnya pemahaman terhadap nilai etika lingkungan sebaga pencegahan sekaligus solusi atas krisis lingkungan saat ini dan di masa mendatang. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan penanamann nilai etika lingkungan terhadap siswa melalui internalisasi nilai-nilai tersebut di dalam buku pelajaran. Dengan demikian penting untuk melakukan analisis terhadap isi buku termasuk buku siswa Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti SMP Kelas VII yang saat ini digunakan pada proses pembelajaran untuk mengetahui ada tidaknya nilai etika lingkungan di dalamnya dan bagaimana kelebihan dan kekurangan buku tersebut dalam perspektif etika lingkungan,. serta bagaimana implikasinya terhadap sikap peduli lingkungan siswa Jenis penelitian ini adalah library research. Penelitian ini bersifat deskriptif- analitis. Sedangkan metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan metode content analysis, reduksi dan interpretasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; pertama, buku siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti SMP kelas VII memiliki semua nilai-nilai etika lingkungan yang terdiri atas delapan nilai. Kedua, kelebihan buku tersebut menurut perspektif etika lingkungan salah satunya yaitu memiliki beberapa komponen-komponen isi yang berwawasan etika lingkungan seperti pemilihan ilustrasi berupa gambar-gambar dan juga table-tabel yang dimaksudkan dapat menstimulasi tindakan siswa yang mengandung semangat ekologis. Sedangkan salah satu yang menjadi kelemahanya adalah yaitu beberapa aspek buku terlihat ilustrasi yang justru kontradiktif dengan nilai etika lingkungan. Namun meski terdapat beberapa kelemahan, dalam buku tersebut ditemukan beberapa konten yang berimplikasi terhadap sikap peduli lingkungan siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Karwadi, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Nilai-Nilai Etika Lingkungan dan Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S-2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 13 Oct 2023 15:22
Last Modified: 13 Oct 2023 15:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61276

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum