KEMANDIRIAN GURU KELAS 4 DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SDIT SALSABILA AL MUTHI’IN

Salma Fithrotun Nisa’, NIM.: 19104080081 (2023) KEMANDIRIAN GURU KELAS 4 DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SDIT SALSABILA AL MUTHI’IN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KEMANDIRIAN GURU KELAS 4 DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SDIT SALSABILA AL MUTHI’IN)
19104080081_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (KEMANDIRIAN GURU KELAS 4 DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SDIT SALSABILA AL MUTHI’IN)
19104080081_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (12MB) | Request a copy

Abstract

Implementasi Kurikulum Merdeka termasuk sebuah gagasan yang lumayan baik dipraktikkan dalam ranah pendidikan, sebab selain pendidik diharapkan dapat berkreativitas secara maksimal selama kegiatan belajar mengajar, juga mampu secara mandiri mengeksplorasi lebih dalam terkait dengan bakat siswa serta membentuk siswa sebagai individu yang inventif, kreatif, dan mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Kemandirian guru kelas 4 dalam implementasi Kurikulum Merdeka di SDIT Salsabila Al Muthi’in, 2) Model implementasi Kurikulum Merdeka di SDIT Salsabila Al Muthi’in. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kualitatif dengan desain penelitian berupa studi kasus. Penelitian ini menggunakan Teknik purposive sampling dalam menetukan informan penelitian. Terdapat 4 informan penelitian, yaitu kepala sekolah, waka kurikulum, guru kelas 4A dan guru kelas 4B. Pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan 3 teknik, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data dari model Miles and Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan pengambilan simpulan. Adapun teknik pengabsahan data yang digunakan pada penelitian ini adalah triangulasi teknik. Hasil penelitian membuktikan bahwa: 1) Kemandirian Guru Kelas 4 dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di SDIT Salsabila Al Muthi’in mencakup 4 hal, yaitu tanggung jawab dalam implementasi Kurikulum Merdeka, independen dalam implementasi Kurikulum Merdeka, inisiatif dalam implementasi Kurikulum Merdeka, dan pengendalian diri dalam implementasi Kurikulum Merdeka. 2) Implementasi Kurikulum Merdeka di SDIT Salsabila Al Muthi’in menerapkan model eklektik, yaitu perpaduan antara Overcoming Resistance to Change Model (ORC), Educational Parts, Unit, and Loop Model, dan Educational Change Model.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Andi Prastowo, S.Pd.I., M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: Kemandirian, Pendekatan Backward, Kurikulum Merdeka
Subjects: Pendidikan > Kurikulum
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 02 Nov 2023 14:33
Last Modified: 02 Nov 2023 14:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61278

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum