PENGEMBANGAN MEDIA ULAR TANGGA DIGITAL TERINTEGRASI ASMA’UL HUSNA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PERKALIAN DAN PEMBAGIAN UNTUK KELAS II MI/SD

Nur Amina Rohani, NIM.: 19104080068 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA ULAR TANGGA DIGITAL TERINTEGRASI ASMA’UL HUSNA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PERKALIAN DAN PEMBAGIAN UNTUK KELAS II MI/SD. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA ULAR TANGGA DIGITAL TERINTEGRASI ASMA’UL ḤUSNA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PERKALIAN DAN PEMBAGIAN UNTUK KELAS II MI/SD)
19104080068_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA ULAR TANGGA DIGITAL TERINTEGRASI ASMA’UL ḤUSNA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PERKALIAN DAN PEMBAGIAN UNTUK KELAS II MI/SD)
19104080068_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini yaitu [1] Bagaimana pengembangan media permainan ular tangga digital terintegrasi Asma’ul Ḥusna pada pembelajaran matematika materi operasi hitung perkalian dan pembagian di Kelas II MI/SD? [2] Bagaimana kelayakan media permainan ular tangga digital terintegrasi Asma’ul Ḥusna pada pembelajaran matematika materi operasi hitung perkalian dan pembagian di Kelas II MI/SD? [3] Bagaimana respon siswa setelah menggunakan media permainan ular tangga digital terintegrasi Asma’ul Ḥusna pada pembelajaran matematika materi operasi hitung perkalian dan pembagian di Kelas II MI/SD? Peneliti menggunakan metode R&D model Thiagarajan/4D dengan 4 tahap yaitu define, design, development dan disseminate. MI Ma‘arif Diponegoro menjadi tempat pilihan peneliti dalam melaksanakan penelitian. Penelitian ini berlangsung pada bulan Maret – Mei 2023 dengan subjek penelitian 15 siswa kelas II. Selain itu, terdapat ahli materi, media, teknologi pendidikan, guru kelas dan teman sejawat juga melakukan penilaian. Teknik akumulasi data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan instrumen angket. Instrumen penelitian diukur dengan Skala Likert dan Guttman. Skala Likert digunakan untuk mengukur nilai yang diperoleh dari ahli materi, media, dan teknologi pendidikan, teman sejawat dan guru kelas dalam bentuk ―Sangat Baik‖, ―Baik‖, ―Cukup‖, ―Kurang Baik‖, dan ―Sangat Kurang‖. Sedangkan Skala Guttman mengukur respon siswa dengan jawaban ―Ya‖ dan ―Tidak‖. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa [1] telah dihasilkan media Ular Tangga terintegrasi Asma’ul Ḥusna dalam Pembelajaran Matematika materi Perkalian dan Pembagian. [2] telah dihasilkan media Ular Tangga terintegrasi Asma’ul Ḥusna dalam Pembelajaran Matematika materi Perkalian dan Pembagian yang layak digunakan karena berdasarkan penilaian ahli materi, media, dan teknologi pendidikan. Ahli materi memperoleh skor 51 > 50,4; ahli media 66 > 58,74; ahli teknologi pendidikan 61,2 < 75 ≤ 75,6; teman sejawat 85 > 79,68; guru kelas 88 > 79,68. Sedangkan pada uji coba produk kepada siswa memperoleh respon 100%. Hal tersebut menunjukkan bahwa kategori respon calon pengguna tergolong positif, dengan demikian media Ular Tangga terintegrasi Asma’ul Ḥusna dalam Pembelajaran Matematika materi Perkalian dan Pembagian berhasil dikembangkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Sigit Prasetyo, S.Pd.I., M.Pd.Si
Uncontrolled Keywords: Penelitian Pengembangan Thiagarajan, Media Ular Tangga Terintegrasi Asma’ul Ḥusna, Media Ular Tangga Matematika
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 01 Nov 2023 15:15
Last Modified: 01 Nov 2023 15:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61280

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum