NILAI NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM EKSTRAKURIKULER SENI TARI TOPENG IRENG DI MIS AL ISLAM TEMPEL

Rizky Eka Mahardika, NIM.: 19104080075 (2023) NILAI NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM EKSTRAKURIKULER SENI TARI TOPENG IRENG DI MIS AL ISLAM TEMPEL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (NILAI NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM EKSTRAKURIKULER SENI TARI TOPENG IRENG DI MIS AL ISLAM TEMPEL)
19104080075_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (NILAI NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM EKSTRAKURIKULER SENI TARI TOPENG IRENG DI MIS AL ISLAM TEMPEL)
19104080075_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Gejala-gejala menyimpang dan melanggar peraturan yang banyak terjadi pada remaja dan anak dibawah umur saat ini, menunjukkan bahwa anak usia remaja sedang mengalami krisis karakter. Permasalahan mengenai kemerosotan karakter perlu menjadi perhatian serius dari berbagai pihak, terutama pemerintah dan para stakeholder pendidikan dengan menerapkan pendidikan karakter sebagai salah satu solusinya. Pendidikan karakter dapat diimplementasikan melalui kegiatan ekstrakurikuler seni tari-topeng ireng. Ekstrakurikuler seni tari-topeng ireng dapat menjadi wadah untuk mengembangkan nilai-nilai karakter kepada siswa. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui proses pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler seni tari-topeng ireng di MIS Al Islam Tempel, (2) mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam ekstrakurikuler seni tari-topeng ireng di MIS Al Islam Tempel. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model dari Miles & Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan. Teknik pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi data, yaitu triangulasi teknik dan triangulasi sumber data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ekstrakurikuler seni tari di MIS Al Islam Tempel dimulai pada tahun 2009. Tujuannya untuk membantu siswa yang ingin mengembangkan minat dan bakatnya dalam bidang seni tari, wahana untuk melestarikan budaya lokal dan menanamkan atau mengembangkan nilai-nilai karakter kepada siswa di MIS Al Islam Tempel. Kegiatan ekstrakurikuler seni tari-topeng ireng diadakan setiap hari sabtu, pukul 11.00 – 13.00 WIB, dengan peserta 25 siswa. Dalam setiap pertemuan, kegiatan ini dilaksanakan dalam beberapa sub kegiatan, yaitu persiapan, pembukaan, pemberian materi, latihan tari dan ishoma, serta penutup. Proses implementasi karakter dilaksanakan melalui beberapa tahap, yaitu pertama, pemberian pengetahuan dan pemahaman (moral knowing) mengenai seni tari-topeng ireng dan nilai karakter yang dimunculkan. Kedua, peserta ekstrakurikuler didukung dan dikondisikan, untuk membiasakan nilai-nilai karakter (moral feeling) melalui keaktifan siswa dalam kegiatan. Terakhir, dengan penuh kesadaran, siswa akan terbiasa melaksanakan nilai-nilai karakter (moral action) dalam lingkungan pergaulan mereka. (2) nilai pendidikan karakter yang dikembangkan adalah religius, kerja keras, percaya diri, bersahabat atau komunikatif, disiplin, cinta tanah air, peduli sosial, tanggung jawab dan peduli lingkungan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: M. Saidul Muzakki, S.Pd.I., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Ekstrakurikuler, Seni Tari-Topeng Ireng, Nilai Pendidikan Karakter
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Karakter
Kesenian
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 02 Nov 2023 14:33
Last Modified: 02 Nov 2023 14:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61281

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum