METODE FUN LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI KEPUTRAN 2 YOGYAKARTA

Ulfah Nisa Nurul Amalia, NIM: 21204011016 (2023) METODE FUN LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI KEPUTRAN 2 YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (METODE FUN LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI KEPUTRAN 2 YOGYAKARTA)
21204011016_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (METODE FUN LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI KEPUTRAN 2 YOGYAKARTA)
21204011016_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena pentingnya penerapan metode pembelajaran yang tepat untuk dapat meningkatkan pemahaman terhadap materi yang sedang dipelajari. Untuk mencapai pembelajaran yang efektif dan efisien guru Pendidikan Agama Islam harus berusaha mulai mengembangkan metode dengan melibatkan siswa secara aktif. Metode pembelajaran yang digunakan adalah metode pembelajaran fun learning, metode pembelajaran tersebut berusaha menciptakan suasana yang fun (menyenangkan). Namun pada penerapannya di SDN Keputran 2 Yogyakarta metode fun learning belum diterapkan secara maksimal, ada guru yang yang belum efektif dalam mengunakan metode dan media akibatnya dalam pembelajaran kurangnya siswa memperhatikan dan berkontribusi saat pembelajaran. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, subjek dan objek penelitian adalah kepala sekolah, guru PAI dan beberapa siswa SDN Keputran 2 Yogyakarta. Dalam pengumpulan data penelitian menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian dilakukan analisis data dengan mereduksi data, penyajian data yang telah dikumpulkan, dan penarikan kesimpulan. Terakhir, uji keabsahan data dengan metode triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Metode fun learning adalah metode pembelajaran yang beracuan pada konsep belajar yang menyenangkan. Tujuannya adalah menciptakan suasana hangat dan menyenangkan dalam pembelajaran sehingga anak merasa tidak terbebani dan dipaksa untuk belajar. (2) Implementasi metode fun learning berupa permainan, bercerita, bernyanyi dan tebak gambar diterapkan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam materi aqidah, akhlak, fiqih, al-qur’an dan sejarah kebudayaan Islam. (3) Hasil implementasi metode fun learning yang dilaksanakan oleh guru Pendidikan Agama Islam di SDN Keputran 2 Yogyakarta ini sudah cukup baik. Dengan pengalihan suasana dari yang monoton menjadi pembelajaran yang menyenangkan sehingga dalam pembelajaran nampak peserta didik senang dan antusias mengikuti proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Prof. Dr. H. Sangkot Sirait., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Metode, Fun Learning, Pendidikan Agama Islam.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 13 Oct 2023 16:08
Last Modified: 13 Oct 2023 16:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61282

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum