MODEL KERJA SAMA SEKOLAH DAN ORANG TUA DALAM UPAYA PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER PESERTA DIDIK (STUDI KASUS DI SDN 02 GIDANGELO DAN MI BADRUL ULUM SIDIGEDE JEPARA)

Zulfi Alifah, NIM.: 19104090085 (2023) MODEL KERJA SAMA SEKOLAH DAN ORANG TUA DALAM UPAYA PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER PESERTA DIDIK (STUDI KASUS DI SDN 02 GIDANGELO DAN MI BADRUL ULUM SIDIGEDE JEPARA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MODEL KERJA SAMA SEKOLAH DAN ORANG TUA DALAM UPAYA PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER PESERTA DIDIK (STUDI KASUS DI SDN 02 GIDANGELO DAN MI BADRUL ULUM SIDIGEDE JEPARA))
19104090085_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (MODEL KERJA SAMA SEKOLAH DAN ORANG TUA DALAM UPAYA PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER PESERTA DIDIK (STUDI KASUS DI SDN 02 GIDANGELO DAN MI BADRUL ULUM SIDIGEDE JEPARA))
19104090085_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan merupakan suatu sarana untuk membentuk karakter peserta didik. Oleh karena itu, pendidikan di sekolah sudah semestinya tidak hanya mencerdaskan peserta didik dalam hal intelektual saja, tetapi juga dapat membentuk budi pekerti yang luhur. Fenomena yang terjadi saat ini banyak sekolah yang sudah melakukan upaya dalam penguatan pendidikan karakter peserta didik namun kurang berjalan maksimal. Hal ini salah satunya dikarenakan kurang optimalnya kerja sama antara pihak sekolah dan orang tua dalam menumbuhkan karakter peserta didik. Melalui penelitian kualitatif studi kasus, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model kerja sama sekolah dan orang tua dalam upaya penguatan pendidikan karakter peserta didik di SDN 02 Gidangelo dan MI Badrul Ulum Sidigede Jepara. Informan dalam penelitian ini berjumlah 16 orang, yang terdiri dari 2 kepala sekolah, 2 waka kesiswaan, 4 guru, 4 orang tua, dan 4 peserta didik. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik non-probability sampling karena harus memenuhi kriteria peserta didik yang berprestasi serta berkarakter. Data dari penelitian ini diperoleh dari proses observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian, data dianalisis yang dimulai dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Data yang valid diperoleh melalui uji keabsahan data dengan proses triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model kerja sama yang digunakan sekolah dan orang tua di SDN 02 Gidangelo dan MI Badrul Ulum Sidigede Jepara adalah model partnership atau shared responsibilities yaitu model yang menekankan pada koordinasi dan kerja sama sekolah dan keluarga untuk mengembangkan komunikasi dan kolaborasi. Beberapa bentuk kegiatan kerja sama di SDN 02 Gidangelo diantaranya dengan melakukan kunjungan ke rumah siswa, mengundang orang tua ke sekolah, pengadaan surat menyurat antara sekolah dan orang tua, pengadaan buku penghubung, dan optimalisasi fungsi daftar nilai atau rapor. Kemudian bentuk kegiatan kerja sama di MI Badrul Ulum Sidigede yakni dengan melakukan kunjungan ke rumah siswa (home visit), pertemuan wali murid, pemberdayaan komite sekolah, dan pengadaan layanan konseling di sekolah. Model kerja sama ini dapat diterapkan dan dijadikan acuan di sekolah atau lembaga pendidikan yang lain dalam upaya penguatan pendidikan karakter pada peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Rohmatun Lukluk Isnaini, M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: Pola Asuh, Pendidikan Karakter, Penguatan Pendidikan Karakter (PPK)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 16 Oct 2023 09:42
Last Modified: 16 Oct 2023 09:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61293

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum