PENGARUH PENGUASAAN MUFRADAT, QAWA‘ID, DAN TERJEMAH TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS SKRIPSI BERBAHASA ARAB BAGI MAHASISWA PRODI BAHASA DAN SATRA ARAB UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

Muchammad Asyrovi, S.Hum, NIM.: 19204020009 (2023) PENGARUH PENGUASAAN MUFRADAT, QAWA‘ID, DAN TERJEMAH TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS SKRIPSI BERBAHASA ARAB BAGI MAHASISWA PRODI BAHASA DAN SATRA ARAB UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PENGUASAAN MUFRADĀT, QAWĀ‘ID, DAN TERJEMAH TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS SKRIPSI BERBAHASA ARAB BAGI MAHASISWA PRODI BAHASA DAN SATRA ARAB UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
19204020009_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PENGUASAAN MUFRADĀT, QAWĀ‘ID, DAN TERJEMAH TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS SKRIPSI BERBAHASA ARAB BAGI MAHASISWA PRODI BAHASA DAN SATRA ARAB UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
19204020009_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Maharah kitabah (keterampilan menulis) memberi peranan penting dalam penulisan skripsi berbahasa Arab. Faktor penguasaan mufradat, qawa‘id dan tarjim atau terjemah menunjang berhasilnya seseorang dalam menyajikan sebuah karya ilmiah dengan bahasa Arab dengan baik dan benar agar kalimat skripsi yang tersusun sesuai dengan ketentuan dan pedoman tata bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh mufradat terhadap kemampuan menulis skripsi berbahasa Arab, 2) pengaruh qawa‘id terhadap kemampuan menulis skripsi berbahasa Arab,3) pengaruh terjemah kemampuan menulis skripsi berbahasa Arab. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Objek dalam penelitian ini adalah mufradat (X1), qawa‘id (X2), terjemah (X3), dan kemampuan menulis skripsi berbahasa Arab (Y). Adapun subjek penelitian ini adalah mahasiswa BSA UIN Sunan Kalijaga semester 8. Sampel penelitian ini berjumlah 91 mahasiswa yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan butir soal. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regression, yaitu mencari pengaruh variabel X terhadap variabel Y. Hasil regression menunjukkan bahwa variabel mufradat, qawa‘id dan terjemah masing-masing berpengaruh positif terhadap kemampuan menulis skripsi berbahasa Arab mahasiswa prodi BSA UIN Sunan Kalijaga dengan hasil pengujian signifikansi probabilitas sebesar 0,000 ≤ 0,05. Dengan nilai Fhitung sebesar 33.910 tingkat signifikasi 0.000 < 0.05, menunjukkan variabel mufradat, qawa‘id, dan terjemah secara simultan berpengaruh terhadap kemampuan menulis skripsi berbahasa Arab. Sedangkan hasil koefisien determinasi R2 adalah 52.3% maka dapat disimpulkan bahwa variabel independent pada penelitian ini mampu menjelaskan 52.3% variasi, sementara variasi lainnya yaitu sebesar 47.7 % dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Dailatus Syamsiyah, S.Ag. M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Mufradāt, Qawa‘Id, Terjemah, Kemampuan Menulis Skripsi Berbahasa Arab
Subjects: Pendidikan > Evaluasi Pendidikan
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 16 Oct 2023 10:03
Last Modified: 16 Oct 2023 10:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61299

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum