KONSTRUKSI PEMBELAJARAN NAHWU MENURUT IBNU MADHA DALAM KITAB AL-RAD ALA AL-NUHAT

Renaldi Darmawan, NIM: 19204020024 (2023) KONSTRUKSI PEMBELAJARAN NAHWU MENURUT IBNU MADHA DALAM KITAB AL-RAD ALA AL-NUHAT. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONSTRUKSI PEMBELAJARAN NAHWU MENURUT IBNU MADHA DALAM KITAB AL-RAD ALA AL-NUHAT TESIS)
19204020024_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (KONSTRUKSI PEMBELAJARAN NAHWU MENURUT IBNU MADHA DALAM KITAB AL-RAD ALA AL-NUHAT TESIS)
19204020024_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Tesis ini bertujuan untuk mengetahui seperangkat Pembelajaran NAhwu yang valid untuk ditujukan pada siswa tingkat pertama.Yang sepadan sesuai dengan tingkatannya, dan bisa memahami maknanya secara benar. Proses belajar mengajar yang efektif dan menyenangkan dengan prosedur- prosedur dalam mempelajari Ilmu Nahwu yang berkaitan dengan Kitab Al-Rad Ala Al-Nuhat karya Ibnu Madha . Penelitian ini merupakan penelitian Pepustakaan atau library research dengan menganalisis metode yang terkait dengan data buku yang diteliti, serta dengan menggunakan sumber-sumber yang akurat baik itu dari pustaka terdahulu maupun bukur eferensi dan lain-lain. Sumber data primer yang digunakan untuk mengetahui buku “Al-Rad Ala Al-Nuhat” karya Ibnu Madha, yang berisi tentang seperangkat Kitab Al-Rad Ala Al-Nuhat Bahasa Arab dengan konstruksi pembelajaran nahwu. Adapun data sekunder yang akan digunakan oleh penulis adalah buku-buku atau dokumen lain yang berkaitan dengan pembahasan ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kitab Al-Rad Ala Al-Nuhat juga termasuk kategori buku yang ideal untuk pegangan seorang guru, karena disebutkan konsep mendidik tidak hanya mengajar hingga siswa betul-betul faham dan senang terhadap ilmu yang dipelajari. Selain itu, pentingnya proses belajar mengajar Pembelajaran Nahwu mencakup jenis kegiatan dan prosedur yang guru susun dalam situasi tertentu yang berinteraksi dengan siswa, sehingga melalui interaksi tersebut mereka dapat melafalkan pola linguistik yang berkaitan dengan nahwu.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Muhajir., S.Pd.I., M.S.i
Uncontrolled Keywords: Konstruksi; Pembelajaran Nahwu; Karya Ulama, Buku
Subjects: Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Widiyastut
Date Deposited: 16 Oct 2023 15:36
Last Modified: 16 Oct 2023 15:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61301

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum