Rizqiyyatunnisa, NIM: 19204030018 (2023) DAYA DUKUNG LINGUISTIK ORANGTUA DAN GURU DALAM PERKEMBANGAN BAHASA ANAK DI TK ABA KAJEN 3. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (DAYA DUKUNG LINGUISTIK ORANGTUA DAN GURU DALAM PERKEMBANGAN BAHASA ANAK DI TK ABA KAJEN 3)
19204030018_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (3MB) | Preview |
|
|
Text (DAYA DUKUNG LINGUISTIK ORANGTUA DAN GURU DALAM PERKEMBANGAN BAHASA ANAK DI TK ABA KAJEN 3)
19204030018_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Bahasa merupakan perkembangan yang sangat penting pada anak usia dini. Perlu adanya dukungan linguistik yang benar dan optimal dari orang tua dan guru agar perkembangan bahasa anak dapat berkembang secara optimal. Perkembangan bahasa pada anak di TK ABA Kajen 3 dirasa belum optimal oleh karena itu peneliti bermaksud melakukan penelitian dengan tujuan : (1) mengidentifikasi daya dukung linguistik orangtua dan guru yang terjadi pada anak di TK ABA Kajen 3, (2) Menemukan alasan-alasan logisnya mengapa harus ada daya dukung linguistik orangtua dan guru untuk perkembangan bahasa anak di TK ABA Kajen 3, (3) Menemukan hasil ataupun implikasi daya dukung linguistik orangtua dan guru terhadap perkembangan bahasa anak di TK ABA Kajen 3. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan subyek penelitian ialah kepala sekolah, guru dan orangtua TK ABA Kajen 3.teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Selain itu langkah terakhir yang dilakukan peneliti adalah pemeriksaan keabsahan data yang dilakukan dengan teknik triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) bentuk-bentuk daya dukung linguistik yang dilakukan oleh orang tua dan guru yaitu berupa waktu, support, biaya dan pola asuh. Serta dengan bentuk dukungan berupa pengajuan pertanyaan, memberikan jawaban yang tepat, mengajak anak berkomunikasi dan berdiskusi, membacakan cerita, mengajak anak bercerita, mendengarkan anak bercerita, bernyanyi, dan bermain peran. (2) Alasan-alasan mengapa harus adanya dukungan linguistik pada stimulasi perkembangan bahasa anak, yaitu setiap perkembangan anak membutuhkan stimulasi yang tepat agar dapat berkembang secara optimal, masa anak usia dini merupakan masa peka atau masa kritis bagi anak, perkembangan otak anak sangat pesat sehiangga mampu menyerap berbagai informasi dengan cepat. (3) Implikasi daya dukung linguistik yang diberikan orangtua dan guru pada perkembangan bahasa anak membuat anak mampu Anak mampu menguasai bahasa reseptif dan bahasa ekspresif, Anak mampu menghubungkan bunyi dan symbol-simbol huruf dari media yang dimiliki, Anak mampu mengenal keaksaraan awal dengan membaca buku, Anak mampu menumbuhkan rasa percara diri untuk mengekspresikan perasaannya, Anak mampu mengamati, dan memhami setiap perintah dengan baik
| Item Type: | Thesis (Masters) |
|---|---|
| Additional Information / Supervisor: | Pembimbing: Dr. Na’imah, M.Hum |
| Uncontrolled Keywords: | Dukungan Linguistik; Perkembangan Bahasa; Pendidikan Anak Usia Dini |
| Subjects: | Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S2) |
| Depositing User: | Widiyastuti, M.IP |
| Date Deposited: | 16 Oct 2023 15:37 |
| Last Modified: | 16 Oct 2023 15:37 |
| URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61304 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |
