IMPLEMENTASI METODE TALAQQI PADA PROGRAM TAHFIDZ UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN NILAI AGAMA ERA COVID 19 DI RA AL IKHLAS KONGGO

Milda Wiranti, NIM: 19204030033 (2023) IMPLEMENTASI METODE TALAQQI PADA PROGRAM TAHFIDZ UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN NILAI AGAMA ERA COVID 19 DI RA AL IKHLAS KONGGO. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI METODE TALAQQI PADA PROGRAM TAHFIDZ UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN NILAI AGAMA ERA COVID 19 DI RA AL IKHLAS KONGGO)
19204030033_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI METODE TALAQQI PADA PROGRAM TAHFIDZ UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN NILAI AGAMA ERA COVID 19 DI RA AL IKHLAS KONGGO)
19204030033_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Metode talaqqi dipilih sebagai metode menghafal surat pendek karena dianggap metode yang sesuai dengan perkembangan anak dimana anak usia dini belum diperbolehkan membaca sehingga anak dalam menghafal hanya dengan mendengarkan apa yang guru ajarkan dan melihat gerak bibir guru. Meskipun terdapat ada anak yang sudah bisa membaca melalui metode Iqro’ tetapi juga terdapat anak yang belum bisa atau belum lancar dalam proses membaca sehingga dipilihlah metode talaqqi ini. Metode talaqqi sendiri merupakan metode yang digunakan oleh Nabi Muhammad ketika mengajarkan Al-Qur’an kepada para sahabat. Metode talaqqi sendiri memiliki beberapa ciri-ciri diantaranya, metode pembelajaran dilakukan dimana guru dan murid berhadap- hadapan secara langsung, individual, tatap muka Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Implementasi metode talaqqi pada program tahfidz untuk meningkatkan nilai agama untuk anak usia dini yang diterapkan di RA Al- Ikhlas Konggo Desa Sei Semayang Kecamatan Sunggal. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif analitis. Subjek penelitian terdiri dari data dan sumber data, data diperoleh melalui observasi, wawancara dan studi dokumen. Sedangkan sumber data diperoleh melalui subjek data primer, yakni: guru tahfidz dan subjek data sekunder, yakni: kepala madrasah, pegawai bagian tata usaha. Selanjutnya, data dianalisis melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis data selanjutnya diuji keabsahannya melalui teknik triangulasi dengan mengacu kepada stamdar Licoln dan Gulba, yakni: kredibilitas, keteralihan, ketergantungan dan kepastian (konfirmasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pelaksanaan metode talaqqi pada program tahfidz di RA Al Ikhlas Konggo dilaksanakan melalui tiga tahapan yakni tahap perencanaan, tahap kegiatan pembelajaran, tahap evaluasi. (2) Hasil pelaksanaan metode talaqqi program tahfidz di RA Al Ikhlas Konggo terbilang sangat bagus. Hal ini ditunjukkan dengan capaian hafalan anak- anak yang mampu menyelesaikan jumlah target hafalan yang telah ditentukan oleh sekolah yakni 20 surah dalam satu tahun. (3) Metode talaqqi dapat meningkatkan nilai agama karena pada pelaksanaan metode talaqqi anak menjadi lebih sabar dalam menunggu giliran, mencintai Al- Qur’an, menghafal surah-surah pendek, dan anak belajar menghargai temannya yang sedang bertalaqqi dengan guru.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Prof. Dr. Mahmud Arif, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Metode Talaqqi; Program Tahfidz; Nilai Agama dan Moral
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S2)
Depositing User: Widiyastut
Date Deposited: 16 Oct 2023 15:38
Last Modified: 16 Oct 2023 15:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61306

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum