TINGKAT PERBANDINGAN DALAM BAHASA INDONESIA, ARAB, DAN INGGRIS SERTA IMPLIKASINYA DALAM PENGAJARAN BAHASA ARAB (Suatu Analisis Kontrastit)

Budi Santoso, NIM. 99424555 (2005) TINGKAT PERBANDINGAN DALAM BAHASA INDONESIA, ARAB, DAN INGGRIS SERTA IMPLIKASINYA DALAM PENGAJARAN BAHASA ARAB (Suatu Analisis Kontrastit). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (TINGKAT PERBANDINGAN DALAM BAHASA INDONESIA, ARAB, DAN INGGRIS SERTA IMPLIKASINYA DALAM PENGAJARAN BAHASA ARAB (Suatu Analisis Kontrastit))
99424555_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (TINGKAT PERBANDINGAN DALAM BAHASA INDONESIA, ARAB, DAN INGGRIS SERTA IMPLIKASINYA DALAM PENGAJARAN BAHASA ARAB (Suatu Analisis Kontrastit))
99424555_BAB II_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Dari studi analisis kontrastif tingkat perbandingan bahasa Indonesia, Arab, dan lnggris di atas ada beberapa hal yang dapat kita simpulkan, yaitu: 1. Diantara ketiga bahasa diatas, dalam proses pembentukan tingkat perbandingan , bahasa Indonesia merupakan yang bahasa yang paling sederhana aturannya, disusul kemudian bahasa Inggris, dan bahasa Arab sebagai yang paling rumit aturannya yang membuat siswa kesulitan mempelajarinya. 2. Ada tiga macam bentuk tingkat perbandingan: positif, komparatif, dan superlatif. Bahasa Indoresia dan Inggris mengatur ketiga macam bentuk tersebut, sedangkan dalam bahasa Arab (~I ~I) hanya memungkinkan perbandingan komparatif dan superlatif Tingkat ekuatif tidak diatur dalam bab ini. 3. Berdasarkan analisis kontrastif, urutan bahan pelajaran tingkat perbandingan bahasa Arab adalah: a. Definisi ~I ~\, polanya (wazan) serta padanannya dalam bahasa Indonesia. b. Syarat-syarat pembentukan 4. Metode untuk mengajarkan tingkat perbandingan adalah GrammarTrans/ ation Method dimana dengan metode ini selain diajarkan aturan gramatika bahasa asing, siswa sesering mungkin juga dilatih (drill) menggunaknnya dalam bentuk menjawab soal serta Iatihan menterjemah, dengan harapan siswa terbiasa dengan paradigma bahasa asing tersebut (B2). 5. Media yang dapat dipakai untuk mengajarkan tingkat perbandingan bahasa Arab ini adalah papan tulis, OHP (jika ada), buku pegangan (diktat), dan kertas latihan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PEMBIMBING: Drs. H. Nazri Syakur, M.A.
Uncontrolled Keywords: sintaksis; linguistik; analisis kontrastif
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 16 Oct 2023 14:19
Last Modified: 02 Nov 2023 14:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61311

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum