ANALISIS KEMANDIRIAN BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD SENDANGSARI PAJANGAN BANTUL

Dwi Yulianto, NIM: 19204080052 (2023) ANALISIS KEMANDIRIAN BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD SENDANGSARI PAJANGAN BANTUL. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS KEMANDIRIAN BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD SENDANGSARI PAJANGAN BANTUL)
19204080052_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Submitted Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS KEMANDIRIAN BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD SENDANGSARI PAJANGAN BANTUL)
19204080052_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Hasil belajar merupakan salah satu indikator untuk mengetahui sukses atau tidaknya kegiatan pembelajaran. Hasil belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya kemandirian belajar dan lingkungan belajar. Siswa yang memiliki kemandirian belajar dan lingkungan belajar yang baik akan mempengaruhi hasil belajar yang diperoleh. Namun problem yang ditemukan di SD Sendangsari terlihat belum menunjukkan kemandirian siswa yang tinggi. Pada saat awal pembelajaran ada siswa yang tidak mengerjakan PR yang diberikan oleh guru. Tugas yang diberikan masih banyak mengandalkan siswa lain yang diangap paling pandai, sebagian siswa tidak mendengarkan dengan baik apa yang sedang dikatakan atau yang diterangkan guru, dan siswa tidak mau bertanya kepada guru tentang materi yang belum dipahaminya. Tujuan penelitian ini, yaitu 1) Untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V SD Sendangsari Pajangan Bantul. 2) Untuk mengetahui pengaruh lingkungan belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V SD Sendangsari Pajangan Bantul. 3) Untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar dan lingkungan belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V SD Sendangsari Pajangan Bantul. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Dengan variabel bebasnya yaitu kemandirian belajar dan lingkungan belajar, sedangkan variabel terikatnya yaitu hasil belajar siswa. Pengumpulan data pada penelitian dilakukan dengan menggunakan angket kuisioner dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh positif signifikan kemandirian belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V SD Sendangsari. Hal ini ditunjukkan dengan hasil regeresi linear sederhana dengan hasil (Sig.) 0,000 < 0,05. Koefisien determinasi sebesar 78,2%. 2) Tidak ada pengaruh signifikan lingkungan belajar terhadap hasil belajar siswa kelas V SD N Sendangsari. Hal ini ditunjukkan dengan hasil analisis regresi linear sederhana menghasilkan nilai (Sig.) 0,915 > 0,05. Dengan koefisien determinasi sebesar 0,1%. 3) Hasil analisis regresi linear berganda dengan nilai (Sig.) 0,000 < 0,05 dan nlai F hitung 42,014 > F tabel 2,060 sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, yang artinya kemandirian belajar dan lingkungan belajar secara bersama-sama berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V SD N Sendangsari Pajangan Bantul. Berdasarkan nilai koefisien determinasi sebesar 0,804 atau 80,4%, hal ini menunjukkan bahwa besarnya pengaruh kemandirian belajar dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Bahasa Indonesia sebesar 80,4% , sedangkan 19,6% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Sedya Santosa, SS., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kemandirian Belajar; Lingkungan Belajar; Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2) > Konsentrasi Guru Kelas
Depositing User: Widiyastut
Date Deposited: 17 Oct 2023 15:07
Last Modified: 17 Oct 2023 15:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61313

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum