IMPLEMENTASI MANAJEMEN KELAS DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DI SMP AL-FAJAR PRINGSEWU LAMPUNG

Ahmad Huzairin, NIM : 19204090006 (2023) IMPLEMENTASI MANAJEMEN KELAS DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DI SMP AL-FAJAR PRINGSEWU LAMPUNG. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI MANAJEMEN KELAS DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DI SMP AL-FAJAR PRINGSEWU LAMPUNG)
19204090006_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI MANAJEMEN KELAS DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DI SMP AL-FAJAR PRINGSEWU LAMPUNG)
19204090006_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pada penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan peserta didik dalam hal kedisiplinan yang belum tercapai, dan juga masalah sarana prasarana yang belum memadai dengan kondisi seperti itu efektivitas pembelajaran menjadi masalah tentang ketercapaiannya. Peneliti bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah cara guru dalam mengefektifkan kegiatan pembelajaran khususnya pada pembelajaran di kelas VIII. Selain itu, dalam penelitian ini juga untuk mengetahui metode atau cara apa yang digunakan oleh guru dalam menerapkan manajemen kelas yang baik pada saat proses belajar mengajar yang berlangsung di dalam kelas, bagaimana implementasi manajemen kelasnya, dan bagaimana strategi untuk mengefektifkan dalam proses kegiatan pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif, adapun disini teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik wawancara dan teknik dokumentasi. Dalam pendekatan ini, peneliti menggunakan analisis data adapun teknik analisis data yang digunakan adalah teknik reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan keabsahan data. Berdasarkan hasil dari penelitian di SMP Al- Fajar Pringsewu Lampung, dapat disimpulkan bahwa dalam pengaturan peserta didik (kondisi emosional). Pertama perilaku atau tingkah laku pengaturan terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran, seperti mengajukan pertanyaan, berpartisipasi dalam diskusi, dan berkontribusi dalam kegiatan kelompok. Kedua pengaturan kedisiplinan siswa hadir secara teratur di sekolah dan tunduk pada aturan serta jadwal pelajaran, pengaturan tentang minat, memberikan atau membangkitan gairah atau semangat belajar peserta didik dengan memberikan hadiah dan menggunakan media yang menarik yang berkenaan dengan materi pembelajaran, dan juga guru mengatur tentang dinamika kelompok yang dimana guru akan membagi beberapa kelompok pada murid yang pintar dan murid yang biasa-biasa saja atau masih kurang paham akan materi. Sedangkan pengaturan fasilitas (kondisi fisik) yang pertama guru disini hanya membantu menjalankan atau mengelola fasilitas- fasilitas yang ada yang berkenaan dengan proses pembelajaran, lalu yang kedua dalam hal pengaturan sirkulasi udara pada ruang kelas yang nyaman dengan pencahayaan yang memadai, suhu yang nyaman, dan ventilasi yang baik. Ketiga pengaturan tentang kenyamanan. Keempat pengaturan tentang posisi tata letak yang memungkinkan semua peserta didik memiliki pandangan yang baik ke papan tulis atau layar proyektor.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Sumedi, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Manajemen Kelas; Efektifitas Pembelajaran
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S-2) > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Widiyastut
Date Deposited: 17 Oct 2023 15:08
Last Modified: 17 Oct 2023 15:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61314

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum