INTEGRASI KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA DAN UMUM DALAM MENINGKATKAN RELIGIUSITAS PESERTA DIDIK DI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN

SITI BARIROH AL-KHOFIFAH, NIM: 20204012004 (2023) INTEGRASI KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA DAN UMUM DALAM MENINGKATKAN RELIGIUSITAS PESERTA DIDIK DI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (INTEGRASI KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA DAN UMUM DALAM MENINGKATKAN RELIGIUSITAS PESERTA DIDIK DI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN)
20204012004_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (INTEGRASI KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA DAN UMUM DALAM MENINGKATKAN RELIGIUSITAS PESERTA DIDIK DI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN)
20204012004_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini yaitu menipisnya minat seseorang untuk memperdalam ilmu agamanya. Minat peserta didik untuk belajar di sekolah mayoritas adalah untuk mengembangkan keahliannya di bidang jurusan masing- masing dan mengesampingkan pendidikan keagamaan. Oleh karena itu, penelitian ini sangat penting dilakukan untuk mengetahui bagaimana peran sekolah dalam meningkatkan religiusitas peserta didiknya. Penelitian ini bertujuan untuk: a) mendeskripsikan integrasi kurikulum yang diterapkan di sekolah, b) Mendeskripsikan pelaksanaan integrasi kurikulum pendidikan dalam meningkatkan religiusitas peserta didik, c) menganalisis religiusitas peserta didik SMK Muhammadiyah Prambanan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan psikologi agama yang mengambil lokasi di SMK Muhammadiyah Prambanan. Subjek penelitian terdiri dari enam peserta didik (terdiri dari peserta didik kelas X, XI, XII), kepala sekolah, waka kurikulum, guru mata pelajaran umum dan guru mata pelajaran agama Islam. Pengumpulan data menggunakan observasi partisipasi pasif, wawancara semi terstruktur, dan dokumentasi. Uji keabsahan melalui empat cara yaitu uji kredibilitas menggunakan triangulasi sumber dan teknik, uji transferability, uji dependability, dan uji confirmability. Teknik analisis data menggunakan teori Miles dan Huberman berupa kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Model kurikulum yang digunakan di sekolah yaitu immersed dan networked dengan mengintegrasikan antara kurikulum merdeka belajar dengan kurikulum ISMUBA. (2) Integrasi kurikulum pendidikan agama dan umum dilakukan melalui kegiatan belajar mengajar dan kegiatan pembiasaan serta ekstrakurikuler di sekolah. (3) Keberhasilan pelaksanaan integrasi dalam meningkatkan religiusitas peserta didik berupa meningkatya pemahaman terkait materi yang diajarkan, berkurangnya pelanggaran yang dilakukan, meningkatnya religiusitas peserta didik berdasarkan: dimensi keyakinan, semua subjek penelitian meyakini rukun iman dan rukun Islam; dimensi peribadatan, mayoritas subjek penelitian selalu melaksanakan ibadah sholat 5 waktu; dimensi pengalaman, subjek penelitian sudah memiliki akhlak yang baik karena bisa membedakan mana yang baik dan buruk; dimensi pengetahuan, subjek penelitian memiliki pengetahuan yang baik dari segi ilmu umum maupun ilmu agamanya; dimensi penghayatan, subjek penelitian sudah menerapkan nilai-nilai keagamaan dalam kehidupannya sebagai wujud religiusitas yang berkaitan dengan Allah, sesama manusia dan lingkungan sekitar.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Prof. Dr. Mahmud Arif, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Integrasi Kurikulum; Pendidikan; Religiusitas.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Kurikulum
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Widiyastut
Date Deposited: 17 Oct 2023 15:10
Last Modified: 17 Oct 2023 15:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61329

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum