IMPLEMENTASI METODE TAMYIZ DALAM MENERJEMAH DAN MENGHAFAL AL-QUR’AN DI MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH WUSTHA AL-CHOLIDIYAH CILACAP

Awal Fikri Baharsyah, NIM. 20204012006 (2023) IMPLEMENTASI METODE TAMYIZ DALAM MENERJEMAH DAN MENGHAFAL AL-QUR’AN DI MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH WUSTHA AL-CHOLIDIYAH CILACAP. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI METODE TAMYIZ DALAM MENERJEMAH DAN MENGHAFAL AL-QUR’AN DI MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH WUSTHA AL-CHOLIDIYAH CILACAP)
20204012006_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI METODE TAMYIZ DALAM MENERJEMAH DAN MENGHAFAL AL-QUR’AN DI MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH WUSTHA AL-CHOLIDIYAH CILACAP)
20204012006_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh sulitnya mempelajari nahwu shorof dalam menerjemahkan Al-Qur’an. Membaca dan memahami Al-Qur’an merupakan salah satu referensi utama bagi umat islam di Indonesia yang mayoritas muslim. Namun, tidak banyak yang mampu, lantaran dibutuhkan persyaratan yang rumit. Metode Tamyiz merupakan jawaban dari problematika itu sendiri. Metode Tamyiz yang diciptakan oleh kyia Abaza ini merupakan formulasi teori Nahwu Shorof Quantum dengan cara pembelajaran yang mudah dan menyenangkan, serta dalam waktu yang singkat bisa menerjemahkan Al-Qur’an serta menghafalnya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana implementasi metode Tamyiz dalam menerjemahkan dan menghafal Al-Qur’an, serta apa implikasinya dari metode Tamyiz dalam menerjemahkan dan menghafal Al-Qur’an yang diterapkan di Madrasah Diniyah Al-Cholidiyah Cilacap. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research) yang bersifap deskriptif analitik. Pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan angket, dengan menggunakan analisis Miles dan Huberman, yakni: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, langkah-langkah implementasi metode Tamyiz dalam menerjemahkan dan menghafal Al-Qur’an, Pertama, Proses Mengenal Jenis Kalimat, Kedua, Proses Mencari Kata Dasar, dan Ketiga, Proses Menghafal Ayat. Tentunya dalam pelaksanaan langkah-langkah tersebut, ada capaian-capaian yang harus dilalui. Kemudian hasil yang terakhir, implikasi dari metode tamyiz terhadap kemampuan dalam menerjemahkan dan menghafal Al-Qur’an di Madrasah Diniyah Takmiliyah Wustha Al-Cholidiyah Cilacap, yaitu: santri mampu untuk menerjemahkan Al-Qur’an dan santri mampu untuk menghafal Al-Qur’an surat Al-Baqarah 1 sampai 5 beserta artinya.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Dwi Ratnasari, S.Ag., M.Ag
Uncontrolled Keywords: Metode Tamyiz; Menerjemahkan; Menghafal, Al-Qur’an
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Widiyastut
Date Deposited: 17 Oct 2023 15:11
Last Modified: 17 Oct 2023 15:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61330

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum