PENANAMAN NILAI-NILAI ETIKA RELIGIUS PADA SANTRI DI QUR’AN TRAINING CENTRE (QTC) AL MADY YOGYAKARTA

Muhammad Yusuf, NIM : 20204012047 (2023) PENANAMAN NILAI-NILAI ETIKA RELIGIUS PADA SANTRI DI QUR’AN TRAINING CENTRE (QTC) AL MADY YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENANAMAN NILAI-NILAI ETIKA RELIGIUS PADA SANTRI DI QUR’AN TRAINING CENTRE (QTC) AL MADY YOGYAKARTA)
20204012047_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENANAMAN NILAI-NILAI ETIKA RELIGIUS PADA SANTRI DI QUR’AN TRAINING CENTRE (QTC) AL MADY YOGYAKARTA)
20204012047_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penanaman nilai-nilai etika religius melalui berbagai lembaga pendidikan, baik formal, informal, maupun non formal, menjadi sangat krusial dalam konteks kehidupan saat ini, terutama untuk generasi muda atau penerus masa depan. Ini menjadi sangat penting untuk membentuk generasi yang berkualitas, memiliki iman dan taqwa yang teguh, sehingga mereka mampu meraih dampak positif dari perkembangan zaman dan menghindari pengaruh negatifnya. Pendidikan etika dengan landasan keagamaan penting untuk ditanamkan kepada mereka sejak dini karena pendidikan yang dimulai sejak usia muda cenderung lebih efektif dan memiliki pengaruh yang mendalam dalam membentuk karakter anak. Qur’an Training Centre (QTC) Al Mady Yogyakarta merupakan lembaga yang mengajarkan pendidikan al-Qur’ān. Selain itu lembaga ini juga menjalankan program lain sebagai upaya menanamkan nilai-nilai etika religius kepada para santrinya agar menjadi bekal bagi mereka dalam menjalani kehidupan kedepannya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan psikologi, metode dalam pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data digunakan denga reduksi data, tampilan data dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber data dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, proses penanaman nilai-nilai etika religius di Qur’an Training Centre (QTC) Al Mady Yogyakarta dilakukan melalui beberapa kegiatan, yaitu kegiatan senyum, sapa dan salam, do’a sebelum dan setelah belajar, kegiatan belajar membaca al-Qur’ān, tahfiż, menghafal syair dalam kitab aqidatul awam, kaifa tuṣalli, turjuman, hafalan do’a harian, sholat maghrib dan zikir berjamaah, sholat tahajjud, serta melalui MOS. Nilai-nilai etika religius yang ditanamkan adalah pada kata ṣālih, yaitu nilai tauhid, ibadah dan kedisiplinan. Pada kata birr, yaitu nilai aqidah, ibadah, adab yang baik, dan kesabaran. Pada kata ma’ruf, yaitu adab yang baik dan penghormatan kepada kedua orang tua, dan adab dalam berbicara. Pada kata Khair, yaitu nilai aqidah dan adab kepada kedua orang tua. Pada kata hasan, yaitu nilai ibadah, adab kepada kedua orang tua, dan memaafkan. Dan pada kata Tayyib adalah adab dalam berbicara.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Nur Saidah. M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Penanaman Nilai; Etika Religius; Lembaga Pendidikan Al-Qur’an
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Akhlak - Etika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Widiyastut
Date Deposited: 17 Oct 2023 15:11
Last Modified: 17 Oct 2023 15:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61341

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum