TA’LIIMU AL-LUGHOH AL-‘ARABIYAH FII MAHAARATI AL-KALAAM BI AL-MA’HAD AL-LUGHOWY JAAMI’AH SUNAN GUNUNG DJATI AL-ISLAAMIYAH AL-HUKUUMIYAH BANDUNG (An-Namuudaj Dzil-Makhruthoin ‘Inda Hector Hammerly)

Qiya Khaira Hikmatillah, NIM: 19204020015 (2023) TA’LIIMU AL-LUGHOH AL-‘ARABIYAH FII MAHAARATI AL-KALAAM BI AL-MA’HAD AL-LUGHOWY JAAMI’AH SUNAN GUNUNG DJATI AL-ISLAAMIYAH AL-HUKUUMIYAH BANDUNG (An-Namuudaj Dzil-Makhruthoin ‘Inda Hector Hammerly). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Ta’liimu Al-lughoh Al-‘Arabiyah Fii Mahaarati Al-Kalaam Bi Al-Ma’had Al-Lughowy Jaami’ah Sunan Gunung Djati Al-Islaamiyah Al-Hukuumiyah Bandung (An-Namuudaj Dzil-Makhruthoin ‘Inda Hector Hammerly))
19204020015_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (Ta’liimu Al-lughoh Al-‘Arabiyah Fii Mahaarati Al-Kalaam Bi Al-Ma’had Al-Lughowy Jaami’ah Sunan Gunung Djati Al-Islaamiyah Al-Hukuumiyah Bandung (An-Namuudaj Dzil-Makhruthoin ‘Inda Hector Hammerly))
19204020015_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini diidentifikasi pada (1) aspek-aspek teori integratif yang terdapat pada pembelajaran Bahasa arab dalam keterampilan berbicara di pesantren bahasa Prodi PBA UIN Sunan Gunung Djati Bandung, (2) pembelajaran Bahasa arab dalam keterampilan berbicara di pesantren bahasa Prodi PBA UIN Sunan Gunung Djati Bandung ditinjau dari teori integratif perspektif Hector Hammerly, (3)Upaya pengembangan pembelajaran maharah kalam di Ma’had Lughowi Bandung. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dalam penelitian ini peneliti menggunakan dua jenis sumber data yaitu data primer dan data sekunder. Peneliti mengambil data dari dosen dan pengurus Pesantren Bahasa Prodi PBA UIN Sunan Gunung Jati Bandung. Data sekunder dalam penelitian ini berupa buku atau data yang berkaitan dengan fokus penelitian. Hasil Penelitian : (1) Aspek teori integratif dalam pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Arab di Ma’had Lughowi, meliputi: Tiga hal yang ditonjolkan, yaitu ( ن) pengucapan, ( (ق tata bahasa yaitu tata bahasa dan morfologi, dan ( م) yaitu kosa kata. 3 aspek tersebut tersedia pada berbagai pelajaran yang berbeda, melainkan saling melengkapi, antara lain Isti’aabul Mufrodaat, Mahfudzot, Nahwu Tatbiqy, dan Shorf Tatbiqy. Pembelajaran ini melalui serangkaian langkah pembelajaran, yaitu: At-taqdiim, Al-Mu’alajah, dan Al-Ittishol. Serta dengan adanya lingkungan Bahasa yang dapat mempengaruhi kemampuan maharah kalam. Pengajaran keterampilan berbicara mencakup prinsip-prinsip pengajaran utama model ini, yaitu: seleksi, susunan komponen, gradasi, koreksi, latihan sampai tingkat kemahiran, dan integrasi bertahap. (2) Pembelajaran Bahasa Arab dalam keterampilan berbicara di Ma’had Lughowi dengan Two Cone Model menyajikan metode yang baik, yaitu metode ‘Ash’ath atau CA-OB. Yang menekankan pada aspek kognitif, perilaku, audio-oral, dan ilingual. Setelah peneliti menganalisis kegiatan dan program di Ma’had Lughowi, peneliti menemukan hal-hal berikut: kognitif dengan pembentukan kebiasaan, auditori, lisan, bilingual, struktural, komunikatif, dan kultural. Dalam pengajaran pengucapan meliputi mengulang-ulang kemunculan bunyi sejak awal program, kemudian melakukan sebagian besar latihan dan latihan di luar kelas dengan bantuan rekaman dan buku latihan, mengajarkan pidato pada mata pelajaran Tadribul Khitobah untuk melatih keberanian. berbicara dan pengajaran kosa kata. (3) Di antara upaya yang dilakukan untuk mengembangkan keterampilan berbicara di lembaga bahasa, pendidikan mencapai satu set jam dalam program lembaga bahasa ini, lebih dari 1000 jam sepanjang tahun bahkan lebih, karena setiap siswa diharuskan berbicara bahasa Arab di lembaga tersebut. Dan mengalokasikan pembelajaran untuk menyatukan semua yang ada dari mata pelajaran sehingga kemampuan keterampilan berbicara siswa lebih baik. Demikian juga dengan buku-buku yang disediakan Ma’had Lughowi sebagai alat bantu pengajaran, seperti yang ditulis oleh dosen Jurusan PBA UIN Sunan Gunung Djati Bandung, sesuai dengan kebutuhan dan tujuan Ma’had Lughowi

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Prof.Dr. H.Tulus Musthofa, Lc, M.A
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Maharah Kalam; Teori Integratif; Ma’had Lughowi
Subjects: Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Widiyastut
Date Deposited: 17 Oct 2023 15:12
Last Modified: 17 Oct 2023 15:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61342

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum