PELAKSANAAN SISTEM PENGAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH ALIYAH AL MUKMIN PONDOK PESANTREN ISLAM AL MUKMIN NGRUKI SUKOHARJO SURAKARTA

Alif Nur Sholikhin, NIM.: 00410442 (2005) PELAKSANAAN SISTEM PENGAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH ALIYAH AL MUKMIN PONDOK PESANTREN ISLAM AL MUKMIN NGRUKI SUKOHARJO SURAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PELAKSANAAN SISTEM PENGAJARAN PENDJDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH ALIYAH AL MUKMIN PONDOK PESANTREN ISLAM AL MUKMIN NGRUKI SUKOHARJO SURAKARTA)
00410442_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PELAKSANAAN SISTEM PENGAJARAN PENDJDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH ALIYAH AL MUKMIN PONDOK PESANTREN ISLAM AL MUKMIN NGRUKI SUKOHARJO SURAKARTA)
00410442_BAB II_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan adalah usaha membina pribadi seseorang agar dapat menjadi manusia yang sempurna baik dari segi jasmani maupun rohani. Pendidikan Agama Islam adalah suatu keseluruhan kegiatan yang bulat, sistematis dan praktis yang menyangkut proses pendidikan dan pembinaan anak didik yang beragama Islam agar betul-betul mcncapai hasil atau tujuan yang tclah ditctapkan dalam pengajaran Pendidikan Agama Islam. Madrasah Aliyah Al Mukmin mcrupakan suatu lcmbaga pendidikan formal yang dikelola oleh pondok pesantren Islam Al Mukmin dibawah naungan yayasan pendidikan Islam Al Mukmin yang terletak di Kampung Ngruki, Desa Cemani, Kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang dimana salah satu pendekatannya menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data dengan metode observasi, metode interview, dan metode dokumentasi. Kesimpulan penelitian ini adalah: 1. Pelaksanaan sistem pengajaran PAI di Madrasah Aliyah Al Mukmin terangkat dari komponen-komponen yang terdiri atas: tujuan, bahan (materi), peserta didik, pendidik, rnetode, sarana dan prasarana (media), evaluasi, dan lingkungan. 2. Faktor yang menghambat proses belajar dan mengajar PAI di MA Al Mukmin, antara lain a. Perbedaan latar belakang siswa, baik itu dari segi sosial, asal usul ( daerah asal), maupun budaya yang berbeda. b. Lingkungan pergaulan di mana para siswa menjalani masa liburan. c. Terbatasnya sarana dan prasarana yang ada. d. Sikap disiplin, minat baca, dan tingkat kesadaran belajar siswa yang masih rendah. e. Mata pelajaran yang diajarkan pada siswa terlampau banyak sehingga dirasa memberatkan siswa. Adapun faktor yang memperlancar proses belajar dan mengajar PAI di MA Al Mukmin ini antara lain: a. Sikap disiplin yang dimiliki okh staf pengelola kelas, staf birokrasi, maupun guru dalam menjalankan kewajibannya masing-masing dan juga kesatuan fikrah dan langkah dalarn rangka bekerja bersama-sama untuk mencapai tujuan yang telah ditctapkan. b. Adanya asrama bagi siswa. c. Ketatnya tata tertib yang diterapkan pondok pesantren dan jenis-jenis sangsi pelanggaran. d. Adanya dukungan dari masyarakat dan pesantren. 3. Hasil yang dicapai dari pelaksanaan sistem pengajaran PAI di MA Al Mukmin, yang terdiri dari berbagai komponen sistem yang ada mampu berjalan dengan baik untuk mencapai tujuan yang telah diprogramkan sebelumnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Mujahid,M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Islam; pengajaran; belajar mengajar
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 17 Oct 2023 09:57
Last Modified: 17 Oct 2023 09:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/61344

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum